KPU Riau: Timses Bebas Tentukan Zona Kampanye

id kpu riau, timses bebas, tentukan zona kampanye

KPU Riau: Timses Bebas Tentukan Zona Kampanye

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau menyatakan tim sukses calon presiden dan wakil presiden (capres/cawapres) bebas mementukan zona kampanye yang jadwalnya sudah dimulai, Kamis.

"Untuk zona kampanye, KPU Riau tidak menentukan tempatnya seperti pada pemilihan legislatif. Artinya masing-masing calon atau tim, diberikan kebebasan. Itu sudah jadi ketentuan dan ini seragam," kata Komisioner KPU Riau Divisi Hukum dan Pengawasan Ilham di Pekanbar.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa pihaknya sempat menunggu keputusan dari KPU pusat terkait zona kampanye. Namun, akhirnya penyelengara pemilu membuat pernyataan kalau KPU Riau tidak menentukan zona untuk kampanye capres/cawapres.

Meski demikian, pihaknya meminta kepada dua tim pemenangan capres/cawapres untuk tetap harus berkoordinasi dengan KPU Riau, Polda Riau dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Riau.

Hal terpenting, timses harus berkoordinasi dengan kepolisian karena terkait dengan keramaian dan untuk mengantisipasi pergerakan massa. "Kepada KPU, setidaknya dalam masa kampanye ini, timses cukup memberi tahu saja," jelasnya.

Terkait tempat yang dilarang untuk berkampanye, Ilham mengatakan zona tersebut telah diatur atau sama seperti pemilu legislatif di antaranya tempat ibadah, sarana pendidikan dan fasilitas pemerintahan.

Mengenai jadwal kampanye di Riau, pihaknya mengaku belum menerima pemberitahuan. "Sampai saat ini KPU Riau belum dapat informasi, apakah dua capres yang bertarung itu akan datang ke Riau untuk kampanye," jelasnya.

Masing-masing capres/cawapres baik pasangan nomor urut 1 Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan nomor urut 2 Joko Widodo-Jusuf Kalla, telah menunjuk ketua tim pemenangan di Riau.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Gerindra Riau Marwan Johanis mengatakan ketua tim pemenangan untuk pasangan nomor urut 1 Prabowo-Hatta dipimpin oleh Gubernur Riau Annas Maamum.

"Pak Anas Maamun dipastikan menjadi ketua tim pemenangan kampanye Prabowo-Hata di Riau. Hal itu diputuskan dalam rapat nasional pemenangan Prabowo-Hata di Jakarta," katanya.

Sementara untuk ketua tim pemenangan pasangan nomor urut 2 Joko Widodo-Jusuf Kalla adalah Ketua DPP PDI Perjuangan Riau Suryadi Khusaini.

Pemilu Presiden 9 Juli 2014 diikuti dua pasangan capres dan cawapres, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla.