Dosen Universitas Pahlawan Kampar berkolaborasi penelitian lintas negara

id Universitas pahlawan, nila kusumawati

Dosen Universitas Pahlawan Kampar berkolaborasi penelitian lintas negara

Rektor Universitas Pahlawan dan Nila Kusumawati serta Profesor Hanno Pijl. (ANTARA/dok)

Kampar (ANTARA) - Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pahlawan Ns.Nila Kusumawatimelakukan penelitian bersama pakar diabetes Hanno Pijl dan Professor di Leiden University Medical Center di Belanda pada 2023 tentang tantangan-tantangan dalam mencegah penyakit Diabetes Mellitus Tipe 2 (T2DM) di kalangan siswa sekolah menengah atas yang dilakukan di Kabupaten KamparIndonesia melalui international joint research.

Penelitiannya yang berjudul "Challenges in Type 2 Diabetes Prevention among Senior High School Students: A Qualitative Study," telah dipublikasikan pada jurnal internasional terindeks Scopus Quartile 1 pada Juni 2024.

"Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga tantangan utama dalam mencegah T2DM di kalangan sekolah menengah atas khususnya di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Tantangan tersebut adalah belum optimalnya program pencegahan diabetes di sekolah, pengetahuan komunitas sekolah yang masih belum kuat tentang T2DM dan kebijakan yang tidak memadai untuk mencegah diabetes di sekolah,” ungkap Nila.

Rektor Universitas Pahlawan Amir Luthfimenyampaikan selamat yang tulus kepada Nila Kusumawati atas dedikasi dan kontribusi signifikannya di bidang kesehatan masyarakat. "Karya Ibu Nila mencontohkan komitmen dan kontribusi Universitas Pahlawan yang besar dalam pencegahan dan pengendalian penyakit di Indonesia.

Keberhasilan International Joint Research yang dilakukannya dengan mitra universitas di luar negeri seperti Belanda telah menjadi salah satu bukti bahwa Universitas Pahlawan memiliki akademisi yang mampu bergandengan tangan dengan peneliti tingkat dunia. semoga prestasi ini dapat menginspirasi dosen serta mahasiswa lainnya untuk terus berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan kesehatan masyarakat di Indonesia,” kata dia.

Universitas Pahlawan berkomitmen untuk terus mendukung penelitian kolaborasi global. Ia sangat bangga dengan pencapaian Nila ini, dan menantikan kontribusi berkelanjutan terhadap pencegahan dan pengendalian penyakit diabetes.