Universitas Pahlawan Kampar jajaki kerjasama dengan universitas di Belanda

id Universitas pahlawan

Universitas Pahlawan Kampar jajaki kerjasama dengan universitas di Belanda

Rektor Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Bangkinang Kota yang juga Datuk Bandaro Sat Amir Lutfi saat memimpin delegasi di Netherlands. (ANTARA/HO-UP)

Bangkinang Kota (ANTARA) - Rektor Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Bangkinang Kota Amir Lutfi memimpin delegasi dalam penandatanganan MoU dan Rapat koordinasi program realisasi kerjasama dengan Hortus Botanicus Leiden University, Belanda, Senin (20/11).

Delegasi itu terdiri dari Ketua Program Studi Bisnis Digital, Risqon Jamil Farhas dan Ketua Lembaga Kerja Sama, Ns. Nila Kusumawati.

"Tujuan utama pertemuan ini adalah untuk melakukan benchmarking ke Hortus Botanicus Leiden University, membahas rencana implementasi kerja sama, dan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk mengadopsi pengelolaan dan percepatan pembangunan Kebun Raya Hortus Botanicus Universitas Pahlawan," kata rektor yang juga Datuk Bandaro Sati ini, Rabu.

Dia memaparkan bagaimana manfaat dari kebun raya Hortus Botanicus Universitas Pahlawan yang saat ini dalam proses menuju hutan konservasi pendidikan yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai aktifitas edukasi, sebagai tempat menanam tumbuhan obat-obatan tradisional, dan tempat hidupnya tumbuh-tumbuhan langka yang ada di daerah sekitar Hortus.

Rektor Universitas Pahlawan di dampingi oleh perwakilan UP di Belanda yaitu Jan Nedermeijer dari PUM Netherlands senior expert yang lebih dahulu bekerjasama dengan UP. Di pihak Hortus Botanicus Leiden University, Prof. Dr. Paul J.A. Keßler, Direktur Hortus Botanicus sekaligus Profesor Biologi di Leiden University, turut memimpin pertemuan. Prof. Keßler juga dikenal sebagai konsultan beberapa kebun raya di Indonesia dan IKN (Indonesian Knowledge Network).

Amir Luthfi ketika peresmian Kebun Raya Hortus Botanicus Universitas Pahlawan, kebun raya ini akan lebih banyak dimanfaatkan sebagai tempat untuk melangsungkan kegiatan penelitian dan pengembangan di bidang botani, konservasi, budidaya tanaman, dan pengembangan potensi pendayagunaan tumbuhan.

Kemudian sebagai penyaji informasi yang jelas dan memberikan kemudahan bagi pengunjung untuk meningkatkan pengetahuan di bidang botani, konservasi, lingkungan, budidaya dan pendayagunaan tumbuhan atau bidang lainnya serta kepedulian, tanggung jawab, dan komitmen masyarakat terhadap pelestarian sumber daya hayati.

Hasil dari pertemuan tersebut mencatatkan beberapa poin penting. Pertama, MoU kerja sama antara Hortus Botanicus UP dan Hortus Botanicus Leiden University telah resmi ditandatangani. Kedua, terdapat kesepakatan implementasi kerja sama yang melibatkan komitmen dari Prof. Keßler.

Menurut informasi dari, Ns. Nila Kusumawati, MPH., Beliau juga bersedia menjadi salah satu pembina pengembangan Hortus Botanicus UP, memberikan masukan pada draft master plan hortus botanicus UP, memberikan pelatihan terkait identifikasi tanaman, dan memberikan rekomendasi program database tanaman yang juga digunakan oleh Hortus Botanicus Leiden.

Selain itu, Prof. Keßler juga berkomitmen untuk melakukan kunjungan ke Hortus Botanicus UP setelah menyelesaikan workshop pembangunan kebun raya di IKN. Workshop tersebut melibatkan kerjasama antara beberapa perguruan tinggi, termasuk Delft University, Rotterdam University, BRIN, UI, UGM, dan Unair. Selanjutnya, Prof. Keßler akan memberikan rekomendasi untuk Hortus Botanicus UP kepada Delft University dan Utrecht University agar UP mendapat lebih banyak informasi dan tatacara pengelolaan kebun raya.

Kerjasama ini diharapkan dapat menghasilkan sinergi yang positif dalam pengembangan dan peningkatan mutu kebun raya di Universitas Pahlawan, serta memperkaya pengetahuan dan pengalaman dalam bidang botani di tingkat internasional.

Tentu kedepannya dengan keberhasilan pembangunan kebun raya hortus botanicus Universitas Pahlawan, dapat memberikan dampak ekologis peningkatan kualitas lingkungan yang meliputi tata air, keanekaragaman hayati, penyerapan karbon, dan keindahan lanskap.