UNRI kukuhkan guru besar pertama di Sumatera pada Fakultas Keperawatan

id Berita hari ini, berita riau terbaru,berita riau antara, UNRI

UNRI kukuhkan guru besar pertama di Sumatera pada Fakultas Keperawatan

UNRI kukuhkan guru besar pertama di Sumatera pada Fakultas Keperawatan. (ANTARA/HO-UNRI)

Pekanbaru (ANTARA) - Universitas Riau (UNRI) melaksanakan sidang senat terbuka guna mengukuhkan guru besar pertamabidang Keperawatan pada Fakultas Keperawatan (FKp), Prof Ns. Agrina S.Kep M.Kep., PhD, Rabu, (22/5) di ruang Sri Indrapura, Rektorat UNRI.

Prof Ns Agrina MKep Sp Kom PhD merupakan Guru Besar Pertama Fakultas Keperawatan UNRI dan Sumatera dalam Bidang Ilmu Keperawatan Komunitas. Prestasi ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi dirinya pribadi, tetapi juga akan memberikan sumbangsih nyata dalam menjawab isu-isu terkini di level nasional maupun internasional.

"Alhamdulillah, kami sangat bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat luar biasa. Sampai pada titik ini penantian panjang, berakhir dengan sangat indah. Semoga capaian ini menjadi berkah bisa bermanfaat serta membawa kebaikan untuk sesama," ujar Prof Agrina.

Dalam pidato pengukuhannya, Prof Agrina, menyampaikan pidato ilmiah “Community Empowerment Dalam Konteks Praktik Keperawatan Komunitas: Strategi dan Intervensi”.

Menurutnya Community empowerment (Pemberdayaan Masyarakat) merupakan konsep penting dalam praktik keperawatan

yang memungkinkan perawat memberikan perawatan komprehensif dan berpusat pada masyarakat.

Implikasi dari konsep pemberdayaan masyarakat dalam praktek komunitas adalah pentingnya membangun kemitraan yang kuat antara sistem layanan kesehatan dan komunitas yang dilayaninya. Hal ini memerlukan pendekatan kolaboratif dan partisipatif dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program kesehatan masyarakat, terangnya.

Melalui penerapan konsep pemberdayaan masyarakat, diharapkan akan tercipta lingkungan yang mendukung partisipasi aktif masyarakat dalam meningkatkan kesehatan mereka sendiri, sehingga menciptakan dampak yang berkelanjutan dalam

upaya pencegahan penyakit dan promosi kesehatan di tingkat komunitas, ucapnya.

Sementara itu, Rektor UNRI, Prof Dr. Sri IndartiM.Si dalam sambutannya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Prof. Agrina atas pengukuhannya sebagai Guru Besar. Rektor berharap hal ini dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi dosen di Fakultas Keperawatan, dan Universitas Riau.

Melalui pengukuhan ini, UNRI memiliki jumlah guru besar sebanyak 106 orang guru besar aktif dengan rincian. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKP) sebanyak 24 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) sebanyk 7 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) sebanyak 14 orang, Fakultas Kelautan dan Perikanan (FPK) sebanyak 20 orang, Fakultas Pertanian (FP) sebanyak 6 orang, Fakultas Teknik (FT) sebanyak 15 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) sebanyak 18 orang, Fakultas Kedokteran (FK) 1 orang dan Fakultas Keperawatan (FKp) 1 orang.