Jadi tuan rumah, Siak mulai persiapan Porprov Riau 2026

id Porprov Riau 2026, KONI Siak, persiapan pekanbaru olahraga

Jadi tuan rumah, Siak mulai persiapan Porprov Riau 2026

Ketua KONI Siak, Husni Mereka yang juga Wakil Bupati Siak memaparkan persiapan sebagai tuan rumah Porprov Riau 2026 bersama Kota Dumai. ANTARA/HO-Pemkab Siak

Siak (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Siak dan pemerintah daerah setempat mulai melakukan sejumlah persiapan untuk penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau 2026 yang akan dilaksanakan bersama Kota Dumai.

Ketua KONI SiakHusni Kerja, Rabu, mengatakan ada sebanyak 40 cabang olahraga yang dipertandingkan, dibagi menjadi 20 cabang di masing-masing daerah penyelenggara dengan upacara pembukaan porprovdilaksanakan di Dumai sedangkan penutupan di Siak.

"Untuk anggaran,KONI sudah mengajukan ke pemkab. Pak Bupati juga sudah meminta detailnya, apa saja yang dibutuhkan persiapan ke depan. Begitu juga Pemkab Siak juga sudah koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Riau soal pembagian anggaran mana yang menjadi tanggungan Siak dan pemprov," kata Husni.

Pihaknya juga membahas persiapan arena olahraga yang perlu ditingkatkan menjelang Porprov 2026. Pemkab Siak, lanjutnya, sudah memantapkan beberapa arenaseperti lapangan sepak bola, sepatu roda, sport hall, dan tenisindoor.

"Itu arenayang sifatnya mayor (lapangan besar) sudah harus selesai pada 2025. Kalau yang sifatnya minor itu perbaikan-perbaikan sajaseperti catur, renang, termasuk esport," tambahnya.

Dia mengatakan banyak cabang olahraga yang mengundang masyarakat ramai ke Siak, dan ini momen untuk menghidupkan usaha mikro kecil menengah. Namun begitu, kata dia, suksesnya penyelenggaraan itu ada di sisi pemda, sementara kalau KONI itu pada prestasi atletnya.

Untuk itu, pihaknya menginstruksikan semua pengurus kabupatendi semua cabang olahraga untuk mempersiapkan atlet terbaiknya. Paling tidak dari sekarang sudah mulai seleksi di tingkat kabupaten dengan membuka pekan kejuaraan kabupaten untuk melahirkan bibit unggul yang akan berlaga di porprov.

"Kita target masuk tiga besar lah," tuturnya.

Sementara untuk kepanitiaan, KONI Siak sudah mengusulkan nama perwakilan untuk masuk dalam Panitia Besar (PB). Ini nantinya akan dibentuk KONI Provinsi Riau yang ditetapkan oleh Gubernur Riau.