School planning meeting, upaya CD PT RAPP tingkatkan kualitas pendidikan

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, RAPP

School planning meeting, upaya CD PT RAPP tingkatkan kualitas pendidikan

Para guru sedang mengikuti penyampaian perkembangan dan rencana tindak lanjut pengembangan sekolah School Planning Meeting dari Tim CD RAPP di salah satu SD di Kampar, baru-baru ini. (ANTARA/HO-PT RAPP)

Pangkalan Kerinci (ANTARA) - Peran guru dalam mencetak generasi penerus bangsa yang cerdas sangat krusial. Oleh karena itu, keterampilan guru sebagai tenaga pendidik harus terus diasah sejalan dengan upaya perbaikan manajemen di sekolah. http://aprayon.com

Mendukung hal tersebut, Community Development (CD) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) melaksanakan School Planning Meeting bersama para guru dan kepala sekolah di sekolah mitra bina CD RAPP.

Program ini melibatkan 112 sekolah dasar (SD) di lima Kabupaten di sekitar wilayah operasional perusahaan di Riau. Sebanyak 1.148 orang guru dan kepala sekolah terlibat dalam program School Planning Meeting ini, yang digelar dari bulan Februari hingga Maret 2024.

Program ini merupakan wujud nyata komitmen RAPP guna mewujudkan visi APRIL2030, pada pilar kemajuan inklusif dengan mendorong tersedianya pendidikan yang berkualitas.

Tim CD RAPP turun ke berbagai sekolah, di antaranya SDN 007 Pulau Muda dan di SDN 016 Teluk Naga Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan akhir Februari baru-baru ini.

Kepala Sekolah SDN 016 Teluk Naga, Dadang mengatakan adanya School Planning Meeting sangat membantu para guru dalam melaksanakan rencana tindak lanjut sekolah.

"Saya dan para guru bisa berdiskusi dan mengevaluasi kegagalan serta melihat apa saja keberhasilan dari rencana tersebut. Jadi kami juga bisa menemukan solusi perbaikan untuk penyesuaian lebih lanjut,” ujarnya.

Hal senada dikatakan Sulastri, salah satu guru SDN 014 Pulau Muda. Menurutnya, melalui diskusi dengan tim CD RAPP, dirinya bisa mengetahui lebih banyak tentang variasi sistem pembelajaran.

“Terima kasih atas adanya School Planning Meeting ini, kami sangat terbantu dalam menuntaskan kendala di lapangan. Adanya variasi sistem pembelajaran kepada murid akan menunjang kualitas pendidikan yang lebih baik,” urainya.

CD Head RAPP F Leohansen Simatupang menjelaskan School Planning Meeting ini merupakan kegiatan setelah pelatihan untuk.memastikan pelatihan keterampilan guru dan kepala sekolah dapat diimplementasikan dengan baik.

"Jadi kita juga ingin memastikan materi pelatihan itu diintegrasikan ke dalam rencana tindak lanjut sekolah, agar dapat menciptakan pembelajaran efektif melalui pelatihan School Improvement," paparnya, Selasa (5/3/2024).

Ia menambahakan keterampilan pembelajaran efektif dapat digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah. School Planning Meeting ini sebagai sarana pengintegrasian keterampilan guru dan kepala sekolah yang difasilitasi oleh fasilitator daerah.