Ribuan pemilih pemula di Riau deklarasikan pemilu damai

id Polda Riau,Pemilu damai

Ribuan pemilih pemula di Riau deklarasikan pemilu damai

Para pemilih pemula saat mendeklarasikan pemilu damai di Hotel Labersa, Kampar. (ANTARA/Annisa Firdausi)

Kampar (ANTARA) - Ribuan pemilih pemula yang merupakan siswa di SMA se-derajat di Riau mendeklarasikan pemilu damai di sebuah hotel di Kecamatan Siak Hulu, Kampar, Selasa sore.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Polda Riau, KPU, Bawaslu serta Forkopimdasetempat. Sebelum membacakan deklarasi, Dirnarkoba Polda Riau Kombes Pol Manang Soebeti juga memaparkan bahayanya narkoba, dilanjutkan dengan penjelasan dari Dirkrimsus Polda Riau Kombes Pol Nasriadi tentang ancaman penyebaran hoaks selama pemilu.

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal saat ditemui menyebutkan pihaknya sengaja mengajak Gen Z mewujudkan pemilu damai sebab merupakan golongan terbanyak kedua yang akan menyuarakan suaranya pada Pemilu 2024.

"Sebagai pemilih pemula, kami undang perwakilan dari seluruh siswa setingkat SMA. Kami ingin menyampaikan bahwa mereka harus ikut dalam menyukseskan pemilu," sebutnya kepada awak media.

Para siswa diharapkan dapat menyukseskan pemilu dari dua aspek, yaitu hadir menyalurkan hak politiknya dan turut serta mewujudkan pemilu aman dan damai.

Oleh karena itu, ia memberikan kesempatan pada dua PJU Polda Riau yaitu Dirnarkoba dan Dirkrimsus untuk memaparkan permasalahan yang berkaitan dengan Gen Z, yaitu narkoba dan hoaks

"Dua PJU sengaja saya pilih untuk menyampaikan hal-hal yang ada kolerasinya dengan anak-anak ini yaitu permasalahan narkoba dan hati-hati dengan hoaks. Jangan sampai anak kita menjadi korban bahkan pelaku," tambah Irjen Iqbal.