Polres Rohil kawal pelipatan surat suara di KPUD

id Pemilu 2024,Polres rohil

Polres Rohil kawal pelipatan surat suara di KPUD

Proses pelipatan surat suara di KPUD Rokan Hilir. (ANTARA/Ho-Polres Rokan Hilir)

Rokan Hilir (ANTARA) - Personel Polres Rokan Hilir (Rohil) mengawal proses pelipatan surat suara pemilu di gudang logistik Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat, Selasa.

Kapolres Rohil AKBP Andrian Pramudianto menjelaskan, surat suara pemilu yang dilipat adalah surat suara untuk pemilihan DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi serta DPRD kabupaten/kota.

"Personel pengamanan untuk pelipatan surat suara hari ini enam orang. Empat orang Pam (pengamanan) gudang logistik dan dua personel Pam KPU," terang Andrian.

Dikatakannya, pelipatan surat suara dilakukan oleh 259 orang dan proses mulai dilakukan pada pukul 08.00 WIB. Mereka dikawal agar pelipatan suara aman dan lancar.

Lanjutnya, adapun surat suara Pemilu 2024 Caleg DPR RI tahap I sebanyak 447.119 lembar. Dari jumlah itu yang telah selesai dilipat sebanyak 153.895 lembar.

"Surat suara yang belum dilipat 293.928 lembar sedangkan surat suara rusak 72 lembar," urai Andrian.

Kemudian surat suara Pemilu DPRD Provinsi Riau tahap I sebanyak 447.119 lembar dan surat suara Pemilu DPD RI tahap I sebanyak 182.000 lembar.

Menurut Andrian, hingga Selasa sore, surat suara DPRD Riau dan DPD RI belum ada yang dilipat sehingga belum diketahui ada atau tidak surat suara yang rusak.

"Saat ini proses pelipatan masih berlangsung dan berjalan aman," pungkasnya.