Wakapolda Riau serahkan bantuan untuk korban banjir di Rokan Hulu

id Polda Riau, bantuan korban banjir, banjir Rokan Hulu

Wakapolda Riau serahkan bantuan untuk korban banjir di Rokan Hulu

Wakapolda Riau Brigjend K Rahmadi saat mengunjungi posko korban banjir di Rokan Hulu sekaligus menyerahkan bantuan. (ANTARA/HO-Polda Riau)

Rokan Hulu, Riau, (ANTARA) - Kepolisian Daerah Riau menyerahkan bantuan kepada warga korban terdampak banjir di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) berupa 1 ton beras, 250 liter minyak goreng, 50 papan telur, 150 kotak mie instan, dan 100 paket sembilan bahan pokok.

Wakil Kepala Polda Riau Brigjen Pol K Rahmadi yang mengunjungiwargaterdampak banjir di Rohul, Selasa, mengatakan,Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika memperkirakan adanya peningkatan curah hujan sampai Februari dan terdapat potensi gangguan alam terhadap jalannya pemilu, terutama di beberapa wilayah yang masih tergenang banjir.

"Kondisi banjir di beberapa wilayah, seperti Kecamatan Bonai, Tambusai Kunto Darussalam, dan daerah lainnya bisa mempengaruhi jalannya pemilu. Jalan menuju beberapa desa tidak bisa dilalui, dan kami telah berdiskusi dengan forum komunikasi pimpinan daerah untuk merencanakan strategi alternatif jika banjir tidak surut hingga hari pencoblosan," katanya.

Berbagai bantuan telah disalurkan oleh kepolisian setempat mencakup 1 ton beras, 1.000 bungkus makanan siap saji, dan 500 kotak mie instan. Selain itu, kepolisian sektor di bawah naungan Polres Rohul juga menyediakan 3.070 paket sembako yang berisi beras dan paket sembako lainnya.

Posko banjir telah didirikan di dua lokasi, yaitu Rambah dan Kunto Darussalam. Tak hanya itu, terdapat 12 dapur umum yang tersebar di beberapa kecamatan untuk memberikan bantuan makanan kepada warga terdampak.

Saat ini masih terdapat tujuh kecamatan meliputi 21 desa di Kabupaten Rohul yang terendam air. Meskipun demikian, terdapat sedikit penurunan debit air di beberapa wilayah seperti Kunto Darussalam, Pagaran Tapah, Tambusai, Rambah Hilir, dan Bonai Darussalam. Hanya di Kecamatan Rambah dan Rokan IV Koto, air sungai sudah surut sepenuhnya.

"Pemerintah setempat terus berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk mengatasi dampak banjir ini. Semoga dengan langkah-langkah tanggap ini, bantuan dan penanganan yang dilakukan dapat membantu meringankan beban masyarakat terdampak banjir di Rohul," ujar Wakapolda.