Gubri tinjau Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar, akan dibuka 23 Desember

id Pemerintah Provinsi Riau

Gubri tinjau Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar, akan dibuka 23 Desember

Gubernur Riau Edy Natar bersama Forkompimda Riau saat meninjau kesiapan Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar untuk natal 2023 di Kampar, Kamis (21-12-2023). (ANTARA/HO-Humas Pemerintah Provinsi Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) Edy Natar Nasution bersama Forkopimda meninjau kesiapan ruas jalan Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar, Kamis (21/12) guna memastikan jalan bebas hambatan itu dibuka pada pada 23 Desember 2023.

Peninjauan jalan bebas hambatan itu dimaksudkan untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas saat libur Natal 2023 dan menyambut Tahun Baru 2024.

"Jalan tol tersebut masih belum selesai 100 persen, akan tetapi untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas saat libur Natal dan Tahun Baru, jalan tol Bangkinang-XIII Koto Kampar akan dibuka sementara," kata Gubernur Riau Edy Natar Nasution di Koto Kampar, Kamis kemarin.

Ia menyebutkan total panjang jalan tol tersebut 25 km, namun masih ada sekitar 4 km lagi yang masih dalam tahap pengerjaan karena itu masyarakat yang akan melintas hendak berhati-hati.

Project Direktor PT Hutama Karya ruas tol Bangkinang- Pangkalan, Bambang Hendarto mengatakan, bahwa hingga saat ini progres pembangunan jalan tol tersebut sudah mencapai 94 persen dan target selesai pada Januari 2024.

Saat ini progres konstruksi jalan sudah 94 persen, katanya lagi akan tetapi untuk mendukung arus lalu lintas PT HK akan membuka secara operasional mulai 23 Desember hingga 2 Januari. Pembukaan jalan tol ini khusus untuk siang hari saja.

"Jika menggunakan jalan tol tersebut, maka akan memangkas jarak hingga 10 km dibandingkan menggunakan jalan nasional. Selain dari sisi jarak, tentunya waktu tempuh juga akan semakin cepat," demikian Bambang.