WASH Program LAZnas PHR dan YBM BRILian, 200 keluarga di Sungai Luar tak lagi krisis air

id Laznas PHR, Air bersih,Desa Sungai Luar

WASH Program LAZnas PHR dan YBM BRILian, 200 keluarga di Sungai Luar tak lagi krisis air

Kegiatan peluncuran WASH Program. (ANTARA/HO-Laznas PHR)

Tembilahan (ANTARA) - LAZnas PHR bekerjasama dengan Yayasan Baitul Maal (YBM) BRILiaN melaksanakan kegiatan peluncuranWASH (Water Sanitation and Hygiene) Program di Desa Sungai Luar, Kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Indragiri Hilir pada Rabu (6/12).

Launching WASH Program ini dihadiriPenjabat (Pj) Bupati Indragiri Hilir (Inhil) yang diwakili oleh Asisten III Setdakab INHIL, Pimpinan Cabang BRI Tembilahan, Manajer Operasional LAZnas PHR, Kemenag INHIL, Pimpinan BAZNAS Inhil, unsur Forkopimcam Batang Tuaka dan Kepala Desa serta masyarakat Desa Sungai Luar dan tamu undangan.

Pemimpin Cabang Bank Rakyat Indonesia Tembilahan, A Donny Cahyono yang juga Pembina YBM BRILian menjelaskan bahwa WASH Program merupakan Program pendayagunaan Zakat Infak dan Shodaqoh (ZIS) dari Insan BRILiaN (karyawan BRI) untuk pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat berupa penyediaan akses air bersih untuk wilayah yang mengalami krisis air bersih.

"Semoga bantuan ini bisa bermanfaat dan dirawat oleh penerima manfaat," katanya.

Manajer Operasional LAZnas PHR, Age Pranata yang juga selaku pelaksana menyampaikan bahwa sarana air bersih yang dibangun sebanyak 3 unit dan akan digunakan oleh sekitar 200 keluarga.

"Untuk sustainability-nya sarana air bersih ini dikelola berbasis pemberdayaan masyarakat melalui penguatan kelembagaan lokal. Program ini kita lakukan bagian dari komitmen kita mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)," katanya.

PeluncuranWASH Program ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Pimcab BRI Tembilahan A Donny Cahyono dan Asisten III Setdakab Inhil H. Fajar Husin dan pemotongan pita di sarana Air Bersih.

“Alhamdulillah pada hari ini kita telah bersama-sama me-launching WASH Program yang sangat bermanfaat ini, mewakili Pemerintah Kabupaten INHIL mengucapkan terima kasih kepada LAZnas PHR, kepada YBM BRILiaN, serta kepada muzakki dan seluruh pihak ," ucapnya.

Sarifuddin mewakili penerima manfaat mengucapkan syukur karena masyarakat kini tidak lagi kesulitan air bersih. Selama ini masyarakat menggunakan air sungai yang sangat tidak layak karena di situ sampah dan kotoran dibuang dan di situ air diambil.

"Alhamdulillah ini sangat bermanfaat bagi kami, kami tidak kesulitan air bersih lagi, terimakasih," tutupnya.