Israel dan Hamas sepakat untuk gencatan senjata sementara

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,gencatan senjata

Israel dan Hamas sepakat untuk gencatan senjata sementara

Asap mengepul setelah serangan udara Israel di Gaza, Selasa (21/11/2023). Kantor media pemerintah Gaza mengumumkan bahwa jumlah warga Palestina yang tewas di Jalur Gaza telah melampaui 13.000 orang dan lebih dari 30.000 warga mengalami luka-luka sejak konflik Israel-Hamas meletus pada 7 Oktober 2023 (ANTARA FOTO/REUTERS/Alexander Ermochenko/tom)

Yerusalem (ANTARA) - Pemerintah Israel pada Rabu memutuskan mendukung kesepakatan dengan kelompok Hamas untuk membebaskan 50 perempuan dan anak-anak yang disandera di Gaza dengan imbalan gencatan senjata selama empat hari, kata kantor PM Israel Benjamin Netanyahu.

Israel juga sepakat membebaskan 150 perempuan dan anak-anak Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel, kata Hamas dalam sebuah pernyataan pada hari yang sama.

Kesepakatan gencatan senjata itu membuat ratusan truk bantuan kemanusiaan, medis dan bahan bakar boleh memasuki seluruh wilayah Jalur Gaza.

Para pejabat Qatar yang menengahi perundingan itu dan Amerika Serikat, Israel serta Hamas selama berhari-hari menyatakan kesepakatan segera dicapai.

Perjanjian tersebut akan menjadi gencatan senjata pertama dalam perang di mana bombardemen Israel telah meratakan sebagian besar wilayah Gaza yang dikuasai Hamas.

Bombardemen itu menewaskan 13.300 warga sipil di daerah kantong kecil berpenduduk padat dan menyebabkan sekitar dua pertiga 2,3 juta penduduknya kehilangan tempat tinggal, kata otoritas Gaza.

Netanyahu pada Selasa menggelar rapat bersama kabinet perangnya dan kabinet keamanan nasional yang lebih luas mengenai kesepakatan tersebut.

Hamas diyakini menyandera lebih dari 200 orang, yang diambil ketika mereka menyerbu Israel pada 7 Oktober yang diklaim Israel telah menewaskan 1.200 warganya.

Menjelang perjanjian itu diumumkan, Netanyahu mengatakan intervensi Presiden Amerika Serikat Joe Biden telah membantu mewujudkan perjanjian tersebut sehingga mencakup sandera yang lebih bayak namun konsesi yang lebih sedikit.

Namun Netanyahu mengatakan garis besar misi Israel tak berubah.

“Kit sedang berperang dan kita akan melanjutkan perang sampai kita mencapai semua tujuan kita. Demi menghancurkan Hamas, memulangkan semua sandera kita dan memastikan tak ada entitas di Gaza yang boleh mengancam Israel,” kata dia dalam rapat kabinet itu.

Seorang pejabat Amerika Serikat yang mendapat penjelasan mengenai diskusi itu mengatakan sebelum kesepakatan dicapai, perjanjian itu akan meliputi pertukaran 150 tahanan Palestina.

Jeda ini juga akan membuat bantuan kemanusiaan bisa masuk ke Gaza.

Baca juga: Warga Palestina di Jalur Gaza hadapi kelaparan akibat bantuan kemanusiaan masuk terbatas

Baca juga: Baznas Provinsi Riau himpun Rp11,165 miliar untuk Palestina


Sumber: Reuters