Baznas Provinsi Riau himpun Rp11,165 miliar untuk Palestina

id Baznas Riau

Baznas Provinsi Riau himpun Rp11,165 miliar untuk Palestina

Penggalangan dana kemanusian di Provinsi Riau untuk Palestina terus bergulir sejak 1 Oktober hingga 19 November 2023, donasi terkumpul mencapai Rp11,165 Miliar. dok.ANTARA

Pekanbaru (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Riau bersama Baznas kabupaten/kota dan beberapa lembaga lain selama periode 1 Oktober sampai 19 November 2023 berhasil menghimpun donasi Rp11,165 miliar untuk Palestina.

"Donasi terkumpul karena prihatin atas kondisi warga Palestina saat ini yang sedang menghadapi agresi militer Israel yang telah banyak menimbulkan korban jiwa dan kerusakan," kata Ketua Baznas Riau H Masriadi Hasan dalam keterangannya di Pekanbaru, Senin.

Menurut Masriadi, pengumpulan donasi tersebut bagian dari kepedulian Baznas se-Indonesia yang menggerakkan dukungan bagi Palestina dalam menghadapi situasi kritis, di mana inisiasi ini mendapat tanggapan luar biasa terutama di Provinsi Riau.

Ia menyebutkan berbagai cabang Baznas di Riau bersama dengan organisasi amil lain aktif terlibat dalam upaya penggalangan dana melalui berbagai saluran. Metode yang digunakan seperti mobilisasi relawan, kampanye media sosial, upaya langsung, dan lainnya,

yang mencapai puncaknya dalam kampanye donasi besar-besaran.

"Puncak dari kampanye ini berlangsung pada 10 November 2023 di Masjid Raya Annur, Provinsi Riau dengan melibatkan partisipasi semua lapisan masyarakat Riau, termasuk badan pemerintah, lembaga-lembaga, forum zakat, masjid, sekolah, pondok pesantren, kantor-kantor, dan individu," katanya.

Kampanye penggalangan dana ini mencakup berbagai bentuk sumbangan, termasuk transfer elektronik, sumbangan tunai, emas, barang-barang, kendaraan bermotor, dan lain lain.