Wamenparekraf Angela menilai Gen Z berpeluang tingkatkan dan majukan ekonomi kreatif

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara

Wamenparekraf Angela menilai Gen Z berpeluang tingkatkan dan majukan ekonomi kreatif

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo. (ANTARA/Willi Irawan)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo menilai generasi Z (gen Z) berpeluang besar untuk mengambil peran dalam meningkatkan dan memajukan ekonomi kreatif Indonesia.

"Banyak peluang yang dapat digarap oleh gen Z dalam pengembangan ekonomi kreatif, misalnya, dengan menjadi konten kreator," kata Angela dalam keterangan diterima di Surabaya, Jawa Timur, Rabu.

Ia menjelaskan saat ini banyak generasi Z yang tertarik menjadi konten kreator. Hingga tercatat sekarang konten kreator memiliki pasar Rp7 triliun dan diperkirakan akan terus meningkat lima kali lipat pada tahun 2027.

"Jadi mereka tidak sebatas dengan konten-konten komedi, tapi juga lebih mengerucut kepada minat dan bakat masing-masing," kata Angela.

Lebih lanjut, Wamenparekraf menjelaskan ekonomi kreatif memainkan peran penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, terutama saat pandemi COVID-19. Tercatat ada pertumbuhan karena konsumsi media yang meningkat selama pembatasan sosial.

Pada 2020, ekonomi kreatif menyumbang sebesar Rp1.100 triliun terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yang menjadi bukti, sektor ekonomi kreatif mampu bertahan di tengah pandemi COVID-19.

Tidak hanya itu, berdasarkan data, tiga dari 17 subsektor ekonomi kreatif terbukti menjadi penyumbang terbesar pada struktur PDB dan ekspor terutama dari fesyen, kuliner dan kriya.

"Ada banyak peluang di sini yang dapat dimanfaatkan oleh generasi muda maka itulah kenapa saya bilang ini harus kompetitif, yang kedua adalah saya melihat ekonomi kreatif ini akan semakin maju," ujarnya.

Baca juga: Menparekraf Sandiaga Uno ajak pelaku usaha ekonomi kreatif untuk terapkan 3SI

Baca juga: KBRI Kuala Lumpur gandeng sejumlah pelaku ekonomi kreatif Indonesia ke NusaFest