Peserta sosialisasi Desa Bersinar di Lirik dapat pembekalan pemberantasan narkoba

id Rengat,Indragiri Hulu

Peserta sosialisasi Desa Bersinar di Lirik dapat pembekalan pemberantasan narkoba

Badan Kesbangpol Inhu taja sosialisasi pembentukan Desa Bersinar. (ANTARA/Asri)

Rengat (ANTARA) - Sebanyak 20 orang peserta sosialisasi "Desa Bersinar" mendapatkan pembekalan tantang tata cara bebas narkotika di Lirik, Indragiri Hulu, Selasa.

Kegiatan yang digelar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Inhu bertujuan untuk mengoptimalkan program desa BERSINAR.

Kepala Bidang Ketahanan Ekonomi, Sosial Budaya, Agama, dan Organisasi Kemasyarakatan Badan Kesbangpol Inhu Elpi Pistori mengatakan, sosialisasi pembentukan Desa Bersinar untuk mengoptimalkan peran serta semua pihak mensukseskan anti narkotika.

"Sehingga Inhu bisa bebas narkotika dan masyarakat pintar dan sejahtera," katanya di Rengat.

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu secara berkelanjutan menggelar program Desa Bersinar di sejumlah kecamatan.

Kegiatan untuk meningkatkan peran masyarakat dalam penyelenggaraan pencegahan secara partisipatif, terpadu dan berkelanjutan serta berbasis pendayagunaan sumberdaya di desa sehingga semua elemen masyarakat mampu mengoptimalkan diri dalam mewujudkan tujuan program Desa Bersinar sesuai arahan Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi.

Pada kegiatan itu, sebagai narasumber, Rizalmi menyebutkan sosialisasi pembentukan Desa Bersinar sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2019.

"Desa Bersinar adalah satuan wilayah setingkat kelurahan/desa yang memiliki kriteria tertentu sebagai pelaksana kegiatan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN)," ujarnya.

Tujuan pembentukan Desa Bersinaradalah untuk menekan angka penyalahgunaan narkotika, meningkatkan kepedulian terhadap narkotika. Dan, meningkatkan peran serta seluruh unsur yang ada di desa.

Namun, untuk merealisasikan tujuan itu perlu dukungan semua pihak, program dan kegiatan yang tepat.

Pada kesempatan itu, Camat Lirik Hames Jhon mengucapkan terima kasih kepada Badan Kesbangpol Inhu yang telah menjadi kegiatan sosialisasi Desa Bersinar.

"Sehingga Desa Pasir Sialang, masyarakat bebas narkotika dan menjadi wilayah yang maju," ujarnya.

Karena, narkotika memiliki efek negatif sangat besar dapat merusak masa depan generasi bangsa.

Ia juga mengajak masyarakat untuk menghindari Karhutla dan mendukung kegiatan MTQ Provinsi Riau 2023 yang akan dilaksanakan di lokasi objek wisata Danau Raja Kota Rengat pada 11 November 2023.