Warga Siak bisa berobat gratis pakai KTP

id Warga berobat gratis, berobat pakai KTP, Siak capai UHC

Warga Siak bisa berobat gratis pakai KTP

Wabup Siak Husni Merza mengungkapkan tentang daerah setempat mencapai UHC sehingga seluruh warga bisa berobat gratis dengan memakai KTP. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Warga Kabupaten Siak sudah bisa mendapatkan layanan kesehatan secara gratis dengan hanya menunjukkan kartu tanda penduduk setelah pemerintah daerah setempat mencapai Universal Health Coverage (UHC) pada Oktober 2023.

"Mulai 1 Oktober, seluruh masyarakat Kabupaten Siak sudah terlindungi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. Berobat tak payah bawa kartu BPJS lagi, bawa KTP saja ke pusat kesehatan masyarakat dan rumah sakit sudah bisa berobat gratis,” kata Wakil Bupati SiakHusni Merzadi Siak, Senin.

UHC atau jaminan kesehatan semesta, katanya, merupakan program pemerintah pusat bertujuan menjamin semua orang memiliki akses kepada layanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif yang dibutuhkan masyarakat secara gratis.

Oleh karena itu, pihaknya ingin memastikan semua warga juga sudah mempunya KTP. Jika belum memiliki, mereka diharapkan datang ke tempat layanan pembuatan KTP setempat.

"Yang belum memiliki KTP segera mengurusnya dan lengkapi data. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil akan memproses satu hari siap," katanya.

Husni mengatakan iuranBPJSKesehatan yang ditanggung pemerintah daerah adalah bagi warga yang tak mampu, sedangkan bagi warga yang mampu disarankan membayar sendiri.

“Pemerintah daerah hanya menanggung warga yang tidak mampu, yang mampu bisa mandiri,” ucapnya.

Dia mengatakan tahun ini, Pemerintah Provinsi Riau menargetkan seluruh warga sudah dijamin oleh BPJSKesehatan. Sebelumnya, sudah tujuh di antara 12 kabupaten/kota di Riau yang telah mencapai UHC.

Sebanyak tujuh daerah itu, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kuantan Singingi, Bengkalis, Indragiri Hulu, Pelalawan, dan Kota Dumai serta Pekanbaru, sedangkan lima lainnya ditargetkan tuntas pada tahun ini.