Warga Bengkalis Dapat Berobat Gratis Dengan KTP

id warga bengkalis, dapat berobat, gratis dengan ktp

Dumai, 8/4 (ANTARA) - Warga Kabupaten Bengkalis, Riau, dapat menggunakan fasilitas pengobatan dan perawatan gratis hanya dengan menunjukkan kartu tanda penduduk dan kartu keluarga.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkalis Zulfan Herri di Bengkalis, Jumat, mengatakan, program kesehatan gratis dengan sistem KTP ini disebut jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) dan berjalan sejak 1 April 2011.

"Program kesehatan gratis dengan hanya menunjukkan KTP ini merupakan terobosan demi peningkatan kesejahteraan masyarakat terutama yang memiliki latar belakang perekonomian menengah ke bawah," jelasnya.

Prosedur pengobatan gratis ini, menurut Zulfan, terbilang sederhana dan tidak muluk-muluk, yang mana masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan cukup melakukan pemeriksaan tahap awal di pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di lingkungan tempat tinggal mereka.

"Setelah itu, kalau merasa tidak mampu untuk menanganinya, pihak Puskesman akan mengeluarkan surat rujukan ke RS. Surat rujukan itu akan menjadi rekomendasi pihak RS untuk memberikan fasilitas gratis kepada masyarakat," katanya.

Jika pihak RS merasa tidak mampu merawat pasien itu karena penyakit yang diderita kian parah, kata Zulfan, pihak RS juga akan memberikan surat rekomendasi pengobatan gratis ke RSUD Arifin Ahmad di Pekanbaru.

Prosedur yang diterapkan oleh pemerintah daerah tersebut, menurut Zulfan, tidak akan menyulitkan masyarakat.

"Program ini adalah program kesejahteraan masyarakat, yang mana semua pelayan kesehatan mulai dari perawat hingga dokter tidak boleh 'tebang pilih'. Siapa saja yang merasa dikecewakan dengan pelayanan rumah sakit segera lapor ke Dinkes," katanya.

Untuk menyempurnakan program kesehatan gratis ini, Pemerintah Kabupaten Bengkalis juga berencana mencetak sedikitnya 300 ribu kartu Jamkesda. Jumlah tersebut juga telah disesuaikan dengan jumlah penduduk Bengkalis yang diperkirakan sebanyak 300 jiwa (Badan Pusat Statistik Bengkalis-2010).