Heru tanam ratusan pohon buah sebagai upaya tambah RTH di Ibu Kota Jakarta

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Gub DKI

Heru tanam ratusan pohon buah sebagai upaya tambah RTH di Ibu Kota Jakarta

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat menanam pohon buah di kawasan Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Jumat (15/9/2023). (ANTARA/Siti Nurhaliza)

Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menanam pohon buah di lahan terbuka di kawasan Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, sebagai upaya nyata untuk menambah ruang terbuka hijau (RTH) di Ibu Kota.

"Hari ini kita tanam pohon buah, pohon yang ditanam ada berbagai macam, ada kecapi, ada mundu, gowok dan tanaman buah lainnya. Jadi tanaman-tanaman yang cukup langka yang kami tanam," kata Heru usai kegiatan menanam pohon di Jakarta, Jumat.

Penanaman pohon ini dilakukan bersama jajaran Polres Metro Jakarta Selatan dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lainnya. Lahan terbuka tersebut dikelola oleh Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta.

Heru menyebutkan, ada 100 pohon yang ditanam hari ini. Namun sudah ada 200 pohon yang ditanam seminggu sebelumnya.

Seratus pohon buah ditanam di area kebun bibit yang akan dijadikan Mini Arboretum Tanaman Khas Jakarta ini antara lain Mangga Indramayu 10 pohon, Mangga Arumanis (20), Loa (20), Mundu (20), Gowok (20), Kepel (8) dan Kecapi dua pohon.

Adapun lahan itu memiliki area berkebun dan juga jalur untuk berolahraga. Heru berharap penanaman di kawasan itu bisa lebih hijau dan terawat.

"Tanah ini adalah lahan tambahan seluas 9.000 meter persegi yang didapat dari penyerahan kewajiban fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum). Lalu kita gunakan untuk ditanam pohon," kata Heru.

Selain itu, Heru juga mempersilakan masyarakat mengambil buah dari pohon itu jika sudah berbuah.

Baca juga: Polda Jateng tanam bibit pohon hijaukan tepian Waduk Jatibarang Semarang

Baca juga: Pemprov DKI tambah 800 titik ruang terbuka hijau untuk atasi polusi udara