Ikuti KSM tingkat nasional, siswa sekolah mitra Tanoto Foundation raih prestasi

id Kompetisi sains madrasah, tanoto foundation, siswa sekolah prestasi

Ikuti KSM tingkat nasional, siswa sekolah mitra Tanoto Foundation raih prestasi

Tri Anis Farhana, siswi kelas VI A Madrasah Ibtidaiyah Al Muhajirin Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak meraih prestasi pada KSM Tingkat Nasional. (ANTARA/HO-Tanoto Foundation)

Siak (ANTARA) - Siswa madrasah di Provinsi Riau kembali menorehkan prestasi tingkat nasional. Kali ini, prestasi ditorehkan oleh Tri Anis Farhana siswi kelas VI A Madrasah Ibtidaiyah Al Muhajirin Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak.

Tri Anis Farhana yang akrab dengan sapaan Hana, berhasil meraih medali perunggu dalam ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat nasional yang di digelar di Kendari Sulawesi Tenggara pada 3-7 September 2023. KSM Tingkat Nasional yang diikuti oleh juara pertama KSMtingkat Provinsi untuk setiap bidang lomba.

Hana meraih medali perunggu kategori KSM Nasional MI IPA terintegrasi yang diikuti oleh 374 peserta KSM dan 72 peserta Young Reseacher Supercamp (Myres) dari seluruh Provinsi.

MI Al Muhajirin Bungaraya merupakan sekolah mitra Program PINTAR (Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran) Tanoto Foundation dari 28 total SD/MI dan SMP/MTS di Kabupaten Siak. Kepala MI Al Muhajirin Bungaraya Nur Azizah mengatakan, kita bersyukur sekaligus bangga dengan prestasi yang diraih Hana di ajang KSM Nasional. Banyak pengalaman diperoleh saat kompetisi yang bisa dikembangkan dalam kegiatan sains selanjutnya di madrasah.

“Harapan kami lomba di KSM Nasional ini dapat menginspirasi siswa lain untuk ikut serta pada ajang lomba lainnya dan rajin belajar agar berprestasi, diiringi dengan doa agar berpartisipasi pada ajang lomba bidang matematika terintegrasi,” tutur Nur Azizah yang merupakan Fasilitator Daerah Program PINTAR Tanoto Foundation.

Hana juga berprestasi di ajang KSM tingkat Provinsi Riau SD MI bidang IPA terintegrasi juara 1 tahun 2023. Olimpiade Sains Nasional OSN SD/MI bidang IPA Terintegrasi tingkat Kabupaten Siak juara 1 tahun 2023. KSM MI/SD Tingkat Kab. Siak IPA Terintegrasi juara 2 tahun 2023.

Siti Rohmawati guru pendamping Hana mengatakan, keseharian Hana di Madrasah selalu tepat waktu baik kehadiran dalam kelas sains maupun dalam mengerjakan tugas, Hana hobi membaca dan suka sekali bereksperimen.

“Hana siswa yang rajin, tepat waktu dalam kehadiran kelas dan mengumpulkan tugas,” tutur Siti Rohmawati.

Untuk diketahui perwakilan Riau mengutuskan peserta sebanyak 11 orang peserta KSM dan 2 Peserta Myres. KSM Nasional sudah digelar sejak tahun 2012 oleh Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. KSM juga dilaksanakan berbarengan dengan Young Reseacher Supercamp (Myres) dan Science Expo Madrasah.

Melalui ajang KSM ini, nantinya menghasilkan siswa madrasah yang lebih unggul di bidang sains sekaligus penguasaan ilmu keagamaan yaitu agama Islam, ini merupakan keunggulan KSM, yang mana Ilmu Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, kita integrasikan dengan Ilmu Agama Islam dalam soal-soal yang ada di KSM.