Riau Raih Tiga Perak Dalam Kompetisi Sains Madrasah Di Bengkulu

id riau raih, tiga perak, dalam kompetisi, sains madrasah, di bengkulu

Riau Raih Tiga Perak Dalam Kompetisi Sains Madrasah Di Bengkulu

Istimewa

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kontingen Riau yang berlaga pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Nasional ke-7 Tahun 2018 di Bengkulu, memboyong tiga medali perak dan tiga medali perunggu pada mata pelajaran biologi, fisika dan kimia tingkat Madrasah Aliyah.

"Hadiah bagi pemenang selain mendapatkan medali dan maskot serta uang pembinaan, sedangkan bagi peraih medali emas akan diterima tanpa seleksi pada beberapa perguruan tinggi yang telah ditetapkan," kata Kepala Kanwil Kemenag Riau, DR. Ahmad Supardi Hasibuan, melalui Kasi Kesiswaan, Kanwil Kemenag Riau, H Masnur SE di Pekanbaru, Sabtu.

Menurut dia, penetapan pemenang tersebut berdasarkan Keputusan Direktur Pendidikan Islam Kemenag RI tentang Penetapan Pemenang KSM, LKTI dan ekspo Madrasah tingkat nasional tahun 2018 yang disampaikan oleh panitia pada malam Penganugerahan Juara oleh Menteri Agama Ri Lukman Hakim Saifuddin, Jumat malam (28/9) di Gedung Olahraga Sawah Lebar Provinsi Bengkulu.

Ia menyebutkan, secara urutan prestasi Provinsi Riau mengalami penurunan dari tahun 2017 yang saat itu memperoleh empat emas, tiga perak dan satu perunggu.

"Namun demikian dari segi keilmuan dan persaingan, Provinsi Riau mengalami perkembangan yang sangat pesat. Alhamdulillah kontingen kita bisa memberikan hasil yang cukup baik, karena persaingan memang sangat berat," katanya.

Dari 11 cabang yang dilombakan, katanya lagi, Riau hanya mengutus masing-masing seorang ditambah lima orang peserta fassing grade, sementara daerah lain seperti Jatim mengirim peserta lebih banyak karena jumlah peserta berdasarkan nilai tertinggi sangat banyak sehingga mengkibatkan kontingen Riau menjadi satu melawan lima utusan yang sama.

Selain itu, katanya, dengan sistem tes menggunakan Computer based test (CBT) untuk semua mata pelajaran dan dilanjutkan dengan "test eksploration dan eksperiment", mengasah kemampuan anak untuk cepat dan tepat dalam menjawab soal yang diberikan.

"Kedepan tentu siswa Riau sudah lebih berpengalaman dan akan meningkatkan keilmuannya untuk tampil lebih baik lagi pada ajang yang sama tahun 2019," katanya.

Perolehan Juara Kontingen Riau, untuk medali perak diraih oleh Muhammad Fikri Almunawar (Biologi terintegritas) dari MAN Insan Cendekia (IC) Siak, Bisma Mayditya Surissach (Fisika Terintegritas) dari MAN IC Siak Muhammad Jidan Takwa (Fisika Terintegritas) dari MAN 1 Pekanbaru.

Untuk perunggu diraih oleh Gilang Rizky M (Biologi Teribtegritas) dari MAN 2 Pekanbaru, Muhammad Rizkillah (Fisika Terintegritas) dari MAN 1 Bengkalis, dan Sulthan Aflahuddin (Geografi Terintegritas) dari MAN 2 Pekanbaru.