Pekanbaru Raih Juara Umum Kompetisi Sains Madrasah

id pekanbaru, raih juara, umum kompetisi, sains madrasah

 Pekanbaru Raih Juara Umum Kompetisi Sains Madrasah

Pekanbaru (Antarariau.com) - Kota Pekanbaru keluar sebagai juara umum I Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Riau tahun 2018 dengan perolehan medali 5 emas, 3 perak dan 2 perunggu.

"Juara kedua dalam lomba yang sama disusul Kabupaten Siak dengan 2 emas, 4 perak, dan 5 perunggu dan Kabupaten Bengkalis dengan 3 perak dan 1 perunggu," kata Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Riau, Asmuni dalam keterangannya di Pekanbaru, Kamis.

Menurut Asmuni, pemenang-pemenag ditetapkan berdasarkan aplikasi dengan system CBT dari Direktorat Jenderal Pendidikan Kemenag RI.

Jadi penilaian yang dilakukan, katanya, murni dan langsung, untuk itu, kepada para pemenang hendaknya dapat terus meningkatkan kemampuannya dan menjaga kesehatan dalam rangka menghadapi KSM Nasional di Provinsi Bengkulu pada September 2018.

"Pada anak-anak kami yang masih tertunda kemenangannya, hendaknya terus mengasah kemampuan agar bisa berprestasi diberbagai bidang pendidikan," katanya.

Ketua Panitia Penyelenggara KSM Tingkat Provinsi Riau, H Masnur penyelenggaraan KSM tahun 2018 berbeda dibandingkan tahun 2017. Pada tahun 2018, sistem lomba menggunakan Computer Based Test (CBT) dan penilaian secara otomatis melalui aplikasi KSM.

Sesuai aplikasi yang ditetapkan oleh pusat, katanya, salah satu bentuk penilaiannya jika benar dapat nilai 5, salah minus 2 tidak menjawab minus 1.

"Hadiahnya, pada pemenang diberikan piagam dan uang pembinaan yakni untuk juara I sebesar Rp1 juta, juara II Rp800 ribu, dan juara III sebesar Rp500 ribu untuk semua kategori," katanya.