Polda Riau siapkan 28.946 personel gabungan kawal Pemilu 2024

id Deklarasi pemilu damai,Polda riau, pdmilu damai

Polda Riau siapkan 28.946 personel gabungan kawal Pemilu 2024

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal saat diwawancarai usai deklarasi pemilu damai 2024.(ANTARA/Ho-Polda Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Polda Riau dan aparat lainnya mempersiapkan 28.946 personel untuk mengawal pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang agar berjalan dengan aman dan tertib.

Jumlah tersebut terdiri dari 3.912 personel Polda Riau, 620 personel TNI, 24.413 personel Linmas dan 64 penyidik Gakkumdu. Kemudian ada 2.643 personel Satwil, BKO PAM Tempat Pemungutan Suara (TPS) 900 personel, dan BKO Brimob sdbanyak 270 personel.

"TNI dan Polri siap mengawal pelaksanaan pemilu 2024 dengan bantuan masyarakat. Sehebat apapun kekuatan TNI dan Polri tidak akan maksimal apabila semua unsur masyarakat tidak membantu kami," sebut Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal usai Deklarasi Pemilu Damai 2024 di Pekanbaru, Senin.

Ia berharap, deklarasi pemilu damai yang dihadiri hampir seribu orang ini mampu menciptakan pemilu bersih, aman, damai, berintegritas, kondusif serta penuh berkah.

Selain itu, Iqbal juga mengingatkan agar media tak berorientasi pada oplah, namun untuk kepentingan masyarakat.

Menurutnya, deklarasi pemilu damai ini sebagai simbol bahwa upaya pencegahan adalah hal yang diutamakan bagi seluruh elemen masyarakat dan menjadi kekuatan.

"Pencegahan adalah hal pertama yang ingin kami amplifikasi. Barulah TNI Polri melakukan penjagaan dan pengamanan serta penegakan hukum maksimal apabila dibutuhkan," tambah Iqbal.