Sikap Kapolda Riau terhadap Kapolsek Rumbai yang lalai hingga 10 tahanan kabur

id Kapolda Riau ,Tahanan kabur ,Tahanan Polsek Rumbai kabur

Sikap Kapolda Riau terhadap Kapolsek Rumbai yang lalai hingga  10 tahanan kabur

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal (ANTARA/Ho-Polda Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal memperingatkan jajarannya untuk dapat melaksanakan dengan baik tiap kerja dan tugas kepolisian.

Irjen Iqbal tak segan mencopot anak buahnya yang lalai dalam menjalankan tugas. Salah satunya Kapolsek Rumbai yang lalai menjaga tahanan.

Tak hanya itu, Iqbal juga meminta agar Kapolsek beserta bawahannya yang berjaga saat tahanan melarikan diri diperiksa oleh Propam.

“Tahanan itu di bawah tanggungjawab Polisi selama proses penyidikan. Dari kesehatan, jiwa raganya, sampai keamanannya,” sebutnya saat dikonfirmasi, Senin.

Irjen Iqbal menegaskan jika hal tersebut terbukti tidak dilaksanakan, dirinya akan langsung mengambil tindakan tegas.

“Jadi kalau ada tahanan lari, ada manajemen yang tidak dilakukan terutama pengawasan. Maka saya tegas, siapapun Kapolsek yang tahanannya lari, pasti saya lakukan evaluasi, lakukan pemeriksaan. Jika terbukti langsung dicopot,” lanjutnya.

Hal itu dibuktikan dengan pencopotan Kapolsek Rumbai Iptu Putra Amor, serta Kapolsek LanggamIptu Arthur Joshua.

“Jadi dua Kapolsek saya copot terkait tahanan lari. Perwira dan bintara-bintara yang pada hari itu bertugas juga diperiksa. Jika terbukti, akan saya tempatkan di tempat yang bersifat demosi,” ujarnya.

Usai mengetahui para tahanan Polsek Rumbai melarikan diri, Kapolda langsung mengerahkan anak buahnya untuk melakukan penangkapan dengan membuat tim khusus.