Harga minyak stabil di Asia, prospek pasokan ketat imbangi kecemasan China

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,minyak

Harga minyak stabil di Asia, prospek pasokan ketat imbangi kecemasan China

Pipa minyak Druzhba antara Hungaria dan Rusia terlihat di Kilang Danube Grup MOL Hungaria di Szazhalombatta, Hungaria, Rabu (18/5/2022). (ANTARA/REUTERS/Bernadett Szabo/am.)

Tokyo (ANTARA) - Harga minyak relatif stabil di awal perdagangan Asia pada Kamis, karena prospek pasokan yang lebih ketat terkait pengurangan produksi dari Arab Saudi dan Rusia dan penurunan stok minyak mentah AS yang lebih besar dari perkiraan diimbangi oleh kecemasan atas pemulihan permintaan yang lamban di China.

Minyak mentah berjangka Brent melemah 2 sen menjadi diperdagangkan di 76,63 dolar AS per barel pada pukul 00.38 GMT setelah naik 0,5 persen pada hari sebelumnya.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS naik 11 sen atau 0,2 persen menjadi diperdagangkan 71,90 dolar AS per barel, setelah ditutup 2,9 persen lebih tinggi dalam perdagangan pasca-liburan pada Rabu (4/7/2023) untuk mengejar kenaikan Brent di awal pekan.

"Pengumuman pembatasan pasokan Saudi dan ekspektasi untuk kemungkinan pengurangan lebih lanjut mendukung harga minyak," kata Tatsufumi Okoshi, ekonom senior di Nomura Securities, menambahkan penurunan stok minyak mentah AS yang lebih besar dari perkiraan juga mendukung sentimen.

"Tetap saja, pergerakan naik tampaknya terbatas karena ketidakpastian laju pertumbuhan ekonomi China dan pemulihan permintaan bahan bakar," katanya, memprediksi WTI akan tetap berada di kisaran 65 dolar AS hingga 75 dolar AS per barel ke depan, dikutip dari Reuters.

Stok minyak mentah AS turun sekitar 4,4 juta barel dalam pekan yang berakhir 30 Juni, sementara persediaan bensin dan sulingan naik, menurut sumber pasar mengutip angka American Petroleum Institute (API). Para analis memperkirakan penurunan persediaan minyak mentah sekitar 1 juta barel dalam jajak pendapat Reuters.

Data pemerintah tentang persediaan AS akan dirilis pada Kamis pukul 11.00 waktu setempat (15.00 GMT).

Pada Rabu (5/7/2023), Menteri Energi Saudi Pangeran Abdulaziz bin Salman mengatakan bahwa kerja sama minyak Rusia-Saudi masih kuat sebagai bagian dari aliansi OPEC+, yang akan melakukan "apa pun yang diperlukan" untuk mendukung pasar.

Harga minyak diperdagangkan di sekitar tertinggi dua minggu, tetapi turun 10 persen sepanjang tahun ini sebagian besar karena kekhawatiran permintaan atas lambatnya pemulihan ekonomi China setelah pencabutan pembatasan pandemi, di atas hambatan ekonomi makro global dan kenaikan suku bunga oleh bank-bank sentral.

Lebih lanjut membebani prospek permintaan, aktivitas jasa-jasa China berkembang pada laju paling lambat dalam lima bulan pada Juni, sebuah survei sektor swasta menunjukkan pada Rabu (5/7/2023), karena melemahnya permintaan membebani momentum pemulihan pasca-pandemi.

Baca juga: Khawatir perlambatan ekonomi global, harga minyak merosot di awal sesi Asia

Baca juga: Harga minyak naik di tengah dukungan berkelanjutan stok AS yang "bullish"