Terbesar di Riau, lapangan tembak Polres Meranti diresmikan untuk tingkatkan kemampuan

id Lapangan Tembak Polres Meranti ,Kapolres Meranti ,Kapolres Andi Yul ,Kapolda Riau

Terbesar di Riau, lapangan tembak Polres Meranti diresmikan untuk tingkatkan kemampuan

Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal didampingi Kapolres AKBP Andi Yul LTG saat mencoba menembak di Lapangan Tembak Bhara Daksa Polres Meranti yang baru diresmikan, Kamis (15/6/2023). (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Lapangan Tembak Bhara Daksa Polres Kepulauan Meranti, di Jalan Lintas Gogok Darusalam, Kecamatan Tebingtinggi Barat baru saja diresmikan dan menjadi terbesar di Riau.

Peresmian dilakukan oleh Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, Kamis. Nama lapangan tembak tersebut diambil dari nama Bhara Daksa (Bhayangkara dan Daksa) yang merupakan angkatan Akpol 1991 dan menjadi angkatan istimewa.

Salah satu lulusannya kini berpangkat Kapolri yakni Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo. Selain itu, Irjen Pol Mohammad Iqbal juga bagian dari Bataliyon Bhara Daksa yang menjabat sebagai Ketua Alumni Akpol 1991.

Pembangunan lapangan tembak Bhara Daksa ini tidak terlepas dari peranan Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul yang dianggap mampu melakukan komunikasi dan sinergitas dengan pemerintah daerah dalam membuat beberapa terobosan pembangunan fasilitas di Mako Polres.

Kapolres Andi mengatakan bahwa lapangan tembak ini bisa digunakan anggota Polri untuk berlatih. Sehingga keterampilan anggota Polri dalam menembak menjadi lebih bagus.

"Kami terus berbenah melakukan perlindungan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat yang semakin kompleks seiring dengan perkembangan zaman. Sehingga membutuhkan sarana dan prasarana pendukung untuk dapat meningkatkan keterampilan dan profesionalisme anggota Polres Meranti," ujarnya.

Menurut dia, di seluruh Polres lingkungan Polda Riau, rata-rata sudah memiliki lapangan tembak. Sedangkan untuk Polres Kepulauan Meranti baru saja terbangun.

"Dalam pelaksanaan tugas, kemampuan menembak merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh personel Polres Meranti. Sebelumnya kami belum dapat melakukan latihan menembak seperti dengan polres lain karena memang belum memiliki lapangan tembak, sehingga untuk latihan kami harus pergi ke Polda Riau," tuturnya.

Di tempat yang sama, Plt Bupati Kepulauan Meranti, Asmar menyebutkan pembangunan Lapangan Tembak Bhara Daksa di Mapolres Kepulauan Meranti sebagai bentuk dukungan kepada institusi Polri.

Dukungan pembangunan itu, sebutnya, untuk memperkuat hubungan dengan institusi keamanan dan penegak hukum. Dimana pembangunan kesejahteraan di suatu daerah tidak terlepas dari stabilitas keamanan, sehingga stabilitas keamanan jadi pondasi.

"Lapangan tembak ini diharapkan dapat digunakan secara maksimal oleh personel untuk berlatih dengan berbagai latihan dasar menembak guna menambah modal awal sebagai seorang Polri, sehingga langkah ini bisa menguatkan kapasitas dalam menjaga keutuhan NKRI," ucapnya.

Sementara itu, Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal memuji kepiawaian Kapolres Andi Yul dengan segala keterbatasan bisa mempersembahkan berbagai inovasi termasuk pembangunan lapangan tembak oleh Pemkab Meranti.

"Menyinggung tentang Kapolres Meranti, di tengah keterbatasan di tengah jauhnya hiruk-pikuk kota, jangankan ke Jakarta ke Pekanbaru saja jauh. Tapi dengan segala potensi, perjuangan dan semangat yang ada pada diri Kapolres, dia dapat mempersembahkan sebuah legasi yang baik," ujarnya.