Begal motor di Pekanbaru ini sempat mengaku sebagai polisi

id Begal di Pekanbaru

Begal motor di Pekanbaru ini sempat mengaku sebagai polisi

Pelaku begal motor yang mengaku anggota polisi, JAS saat diamankan. (ANTARA/HO-Polresta Pekanbaru)

Pekanbaru (ANTARA) - Seorang pria berinisial JAS (24) diamankan setelah berusaha melarikan sepeda motor dengan mengaku sebagai polisi di Jalan Sultan Syarif Kasim, Kecamatan Limapuluh, Pekanbaru, Jumat (2/6).

Kasatreskrim Polresta Pekanbaru Kompol Andrie Setiawan saat dikonfirmasi, Selasa, menjelaskan peristiwa bermula saat korban bersama rekannya sedang nongkrong di Jalan Jendral Sudirman, tepatnya di dekat gerbang AURI.

Tiba-tiba datang sekelompok pria dengan sepeda motor ke arah mereka. Saat itu rekannya berhasil melarikan diri, sedangkan korban dipukuli.

"Saat itu pelaku mengatakan 'Aku anggota Polsek. Kau balap liar kan?' kata pelaku kepada korban. Korban membantah dan mengaku hanya duduk-duduk saja," terang Andrie.

Namun JAS yang mengaku personel kepolisian mengambil sepeda motor korban dan menyuruh korban duduk di belakang. Pelaku kemudian membawanya pergi ke arah Polsek Bukit Raya.

Tak jauh dari Polsek, pelaku mengancam dan meminta korban menyerahkan handphone-nya. Lantaran takut, korban pun memberikannya.

"Namun di persimpangan Jalan Sultan Syarif Kasim dan Jalan Gatot Subroto pelaku menyuruh korban turun dari boncengan," lanjut Andrie.

Merasa curiga, korban turun namun tetap memegang bagian sepeda motor. Saat pelaku berusaha kabur dengan jarahannya, korban menahan sepeda motor dan membuat pelaku terjatuh. Saat itu korban langsung berteriak 'Maling' dan memanggil warga.

Tak berhenti, pelaku malah mengaku pada warga bahwa ia anggota kepolisian, sedangkan korban pelaku begal.

"Korban tak tinggal diam, ia menceritakan ke warga bahwa pelaku ingin melarikan diri dengan sepeda motor dan handphone yang telah dirampasnya. Saat berusaha kabur, warga pun menahan pelaku," lanjut Andrie.

Tak lama anggota kepolisian yang sedang melaksanakan patroli mendengar kehebohan tersebut dan mengamankan pelaku yang masih berusaha melarikan diri.

"Pelaku dan barang bukti segera diamankan dan dan dibawa ke Polsek Limapuluh untuk proses hukum lebih lanjut," pungkas Andrie.