Mahasiwanya tenggelam saat camping, PCR : Mereka tak izin kampus

id pcr, tanggapi, mahasiswa, tengglam, sedang, kamping

Mahasiwanya tenggelam saat camping, PCR : Mereka tak izin kampus

tim SAR sedang melakukan pencarian mahasiswa PCR yang tengelam saat kamping di p;ulau Cinta, Kampar, Sabtu(3/6/2023). (ANTARA/HO-Basarnas)

Pekanbaru (ANTARA) - Terkait kabar tenggelamnya seorang mahasiswa Politeknik Caltex Riau (PCR) saat camping di objek wisata Pulau Cinta, Desa Teluk Jering dua hari lalu, pihak kampus membenarkan jika korban yang tenggelam Sabtu (3/6) kemarin adalah mahasiswanya.

"Benar korban yang terkena musibah adalah mahasiswa PCR semester dua Program Studi Sarjana Terapan Teknik Listrik, atas nama Candra Ari Kusuma," ujar Kepala Bagian Kemahasiswaan PCR Satria Perdana Arifin, di Pekanbaru, Senin.

Ia menyampaikan kejadian, korban sedang mengikuti kegiatan yang diinisiasi dan dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Listrik PCR dalam bentuk kegiatan perkemahan dan outbound di sekitar Pantai Cinta, Teluk Jering, Tratak Buluh, Kampar.

"Kegiatan yang ditaja oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Listrik ini dilakukan di luar koordinasi, tanpa sepengetahuan, tanpa izin dan tanpa persetujuan dari pihak Kampus PCR," katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, pihak PCR siap bekerja sama dengan para pihak pemangku kepentingan dalam investigasi kejadian ini.

"PCR akan melakukan langkah-langkah yang terukur dan melakukan evaluasi mendalam terhadap kejadian ini sesuai mekanisme serta regulasi yang berlaku di PCR," ungkapnya.

Ia mengatakan keluarga besar PCR menyampaikan prihatin dan empati mendalam khususnya untuk korban dan keluarga korban atas terjadinya musibah ini.

Diberitakan sebelumnya seorang remaja bernama Candra Ari Kusuma (19) kini dalam pencarian Tim SAR Gabungan lantaran hilang tenggelam di Sungai Kampar, tepatnya di objek wisata Pulau Cinta, Desa Teluk Jering, Kampar.

Kepala Kantor SAR Pekanbaru, I Nyoman Sidakarya mengatakan, pihaknya menerima informasi dari Kepala Desa Teluk Jering siang hari tadi bahwa ada seorang pria yang hilang tenggelam.

"Satu orang hilang tenggelam di Pulau Cinta titik koordinat 0°23'03.0"N 101°25'13.3"E. Tim sudah kami turunkan ke lokasi untuk melakukan pencarian," kata Sidakarya, Sabtu (3/6/2023).

Ia menceritakan saat itu korban bersama temannya sedang melaksanakan kegiatan perkemahan di sekitar Pulau Cinta.

"Jadi korban yang merupakan mahasiswa PCR bersama teman-temannya melakukan kemah di Pulau Cinta," ungkapnya.

Korban hilang tenggelam di sungai dan tak berhasil diselamatkan oleh seniornya.

"Saat melaksanakan kegiatan di sungai, korban ini terbawa arus sungai, ia sempat ditolong oleh rekan seniornya namun genggaman tangan korban terlepas lalu hanyut dan tenggelam," tutupnya.