Rafael Nadal kemungkinan pensiun tahun depan

id tenis,Nadal,French Open

Rafael Nadal kemungkinan pensiun tahun depan

Petenis Spanyol Rafael Nadal melakukan selebrasi usai mengalahkan Richard Gasquet asal Perancis pada putaran ketiga tunggal putera hari keenam US Open di USTA Billie Jean King National Tennis Center, New York, AS, Sabtu (3/9/2022).( ANTARA/AFP-Getty Images/Julian Finney)

Jakarta (ANTARA) - Petenis legendaris berkebangsaan Spanryol Rafael Nadal mengumumkan mengundurkan diri dari French Open, Kamis, dikarenakan cedera pinggulnya belum sembuh total, dan berharap 2024 menjadi tahun terakhirnya di tenis profesional.

"Ini bukan keputusan yang saya ambil. Ini keputusan yang diambil oleh tubuh saya," kata petenis berusia 36 tahun ini seperti dilansir AFP.

Nadal mengaku mengambil cuti beberapa bulan, tanpa latihan, yang berarti dia juga pasti akan melewatkan Wimbledon dan kemungkinan besar US Open, sebelum mulai bermain lagi.

Dia mengatakan tahun depan akan menutup karier yang sejauh ini telah menghasilkan 22 gelar tunggal Grand Slam.

"Ini mungkin akan menjadi tahun terakhir saya di tur profesional, saya tidak bisa mengatakan ini 100 persen karena Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi," kata Nadal.

"Cedera yang saya derita di Australia belum sembuh seperti yang kita harapkan.Roland Garros menjadi mustahil. Saya tidak akan berada di sana setelah bertahun-tahun, dengan segala arti (turnamen) itu bagi saya," katanya.

Nadal mengatakan dia tidak akan menetapkan tanggal untuk kembali, tetapi mengatakan Piala Davis pada November bisa menjadi target potensial.

Petenis Spanyol itu mengatakan penting untuk menjauh dari permainan untuk kembali tahun depan dan mengucapkan selamat tinggal dengan bermain di acara favoritnya.

"Jika saya terus bermain di momen ini, saya rasa saya tidak akan bisa melakukannya tahun depan," ujar Nadal.