Petugas gabungan padamkan 5 hektare lahan terbakar dalam sepekan

id Karhutla di Riau

Petugas gabungan padamkan 5 hektare lahan terbakar dalam sepekan

Personel Polres Rohil saat upaya pemadaman karhutla. (ANTARA/Ho-Polres Rokan Hilir)

Pekanbaru (ANTARA) - Aparat gabungan berhasil memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) seluas sekitar lima hektare di wilayah Kepenghuluan Sungai Bakau, Kecamatan Sinaboi, Kabupaten Rokan Hilir, dalam sepekan terakhir.

Kapolres Rokan Hilir AKBPAndrianPramudianto, melalui pernyataannya, Selasa, mengatakan saat ini kondisi di lokasi tinggal pendinginan setelah api bisa dipadamkan. Pemadaman Karhutla sudah dilakukan petugas gabungan yang terdiri dari Polri/TNI, BPBD, Masyarakat Peduli Api selama sepekan terakhir.

Berdasarkan data yang diperoleh, luas lahan terbakar di Kepenghuluan Sungai Bakau, Rohil, sekitar 5 hektare. Tim terus berjaga di lokasi untuk memastikan titik api yang muncul dapat padam.

“Kegiatan pemadaman kami lakukan sejak sepekan terakhir. Lahan terdampak Karhula berada di titik koordinat N : 2.16946, E : 100.956 di wilayah Kabupaten Rokan Hilir," kata AKBP Andrian.

Lanjut Andrian, pihaknya mengalami beberapa kendala saat melakukan pemadaman, yaitu jarak lokasi kebakaran yang cukup jauh, ditambah akses yang dipenuhi dengan semak belukar.

Lahan yang terbakar juga merupakan gambut, di mana api tidak mudah dipadamkan karena terdapat bahan mudah terbakar.

"Jarak tempuh cukup jauh. Memakan waktu hampir dua jam dari Polsek Sinaboi dan hanya bisa menggunakan sepeda motor,” ungkap Andrian.

Walaupun demikian, petugas gabungan berhasil memadamkan api dan tinggal melakukan pendinginan. Tak berhenti di situ, petugas gabungan masih berada di lokasi tersebut untuk berjaga-jaga apabila api muncul kembali.

“Selain itu dari Polres juga di-BKO-kan di Polsek Sinaboi, untuk percepatan ke lokasi apabila terjadi Karhutla kembali,” pungkasnya.