Hanura menjadi partai pertama yang mendaftarkan bacalegnya ke KPU Meranti

id Partai Hanura Meranti ,KPU Meranti ,Pendaftaran bacaleg,Bacaleg Meranti

Hanura menjadi partai pertama yang mendaftarkan bacalegnya ke KPU Meranti

Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Meranti berfoto bersama pengurus dan puluhan bacaleg Partai Hanura usai melakukan pendaftaran, di teras halaman kantor KPU, Selatpanjang, Rabu (10/5/2023). (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kepulauan Meranti menjadi partai yang pertama melakukan pendaftaran bacalegnya ke KPU setempat untuk Pemilu 2024, Selasa.

Pantauan di lapangan, tampak Ketua Partai Hanura Ramlan Abdullah beserta Sekretaris Dedi Yuhara Lubis memasuki ruang pendaftaran Kantor KPU untuk melakukan registrasi. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan dan pengecekan berkas bacaleg yang didaftarkan kepada petugas.

Tak hanya pengurus partai, di sisi halaman luar dan lobi kantor KPU terlihat juga puluhan bacaleg yang didaftarkan dan pendukung ikut bersama mendampingi pengurus partai.

Usai mendaftar, Ketua Partai Hanura Kepulauan Meranti Ramlan Abdullah ketika diwawancarai mengatakan, pihaknya memilih tanggal 10 Mei untuk melakukan pendaftaran sesuai dengan berkenaan nomor urut partainya.

Hal ini, lanjut dia, sudah menjadi kesepakatan bersama bahwa Partai Hanura secara serentak di seluruh Indonesia melakukan pendaftaran bacalegnya ke KPU.

"Tentu ini punya maksud dan hajat yang tersirat di nomor urut 10. Mudah-mudahan momen di hari yang baik ini, Partai Hanura bisa menjadi partai pemenang di Pemilu 2024," ujar Ramlan.

Ramlan menyebutkan, ada 30 orang bacaleg yang didaftarkan sesuai dengan jumlahdapildi Meranti yaitu 5 dapil. Dari jumlah bacaleg tersebut terdapat keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen.

Bacaleg yang disusun oleh partai Hanura, diisi dengan tokoh yang mumpuni dan tokoh muda yang sangat dekat dengan masyarakat. Dengan begitu, ia berharap dapat menargetkan minimal satu dapil satu kursi.

"Kita targetkan satu dapil satu kursi dan itu yang harus kita perjuangkan. Kita mohon dukungan masyarakat Kepulauan Meranti dapat memberikan suaranya kepada seluruh caleg yang berada seluruh dapil," tuturnya.

Secara internal, mereka juga telah memberikan pembekalan atau Training of Trainer (TOT) terhadap bacaleg. Disitu bacaleg baru dan yang lama mendapatkan edukasi tentang visi misi Partai Hanura.

"Saya berharap bacaleg yang kita susun dan hari ini sudah kita daftarkan, Insya Allah sampai hari H-nya nanti memenuhi syarat," ujarnya.

"Kami sangat optimis dengan formasi yang kami susun dan motivasi yang kita berikan kepada caleg-caleg bagaimana cara memenangkan partai Hanura di wilayah masing-masing merebut simpati publik, menyayangi masyarakat dengan setulus hati dengan semboyan Hanura tidak akan pernah khianat," tambahnya.

Sementara Ketua KPU Kepulauan Meranti, Abu Hamid menyebutkan bahwa hari ini pihaknya menerima pendaftaran yang pertama dari Partai Hanura. Proses pendaftaran berjalan dengan lancar dan berkas yang telah diunggah melalui aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon) oleh partai dapat diterima.

"Setelahnya pendaftaran ini akan masuk ke tahap verifikasi untuk mengetahui apakah berkas-berkas yang telah di upload di sistem Silon itu memenuhi syarat atau tidak," kata Abu Hamid.

Ia menuturkan, untuk jadwal hari ini hanya Partai Hanurayang sudah memberitahukan kepada pihaknya untuk mendaftar. Sedangkan partai lainnya sudah melakukan konfirmasi pendaftaran pada tanggal 11 dan 12 Mei 2023.

"Untuk sementara, sudah ada 11 partai yang mengkonfirmasi ke kita terkait pendaftaran bacalegnya. Meski secara nasional partai itu ada 18, tapi kita tidak tahu apakah mendaftar semua ke KPU Meranti atau tidak," pungkas Abu Hamid.