Empat pasangan bakal bertarung di Pilkada Meranti 2024

id KPU Meranti ,Pendaftaran Pilkada Meranti ,Paslon Pilkada Meranti

Empat pasangan bakal bertarung di Pilkada Meranti 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Meranti saat menunjukkan waktu 00.00 WIB sebagai tanda ditutupnya tahapan pendaftaran Pilkada Tahun 2024, Jumat (30/8/2023). (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Ada sebanyak empat bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024, setelah semua syarat pencalonan dinyatakan lengkap oleh KPU Kepulauan Meranti.

"Syarat administrasi pencalonan keempat paslon untuk pendaftaran lengkap semua," ungkap Komisioner KPU Kepulauan Meranti Divisi Parmas dan SDM, Hanafi saat dikonfirmasi ANTARA, Jumat.

Keempat paslon tersebut adalah Asmar - Muzamil (Berazam) yang menjadi pasangan pertama yang mendaftar di hari kedua pendaftaran pada 28 Agustus 2024.

Kemudian di hari terakhir pada 29 Agustus 2024, disusul tiga paslon sekaligus yakni, Masrul Kasmy - Fauzi Hasan (Bermanfaat), Basiran - Yulian Norwis (Berlian) dan Mahmuzin Taher - Iskandar Budiman (Manis) sebagai pasangan penutup pendaftaran.

"Sampai penutupan pendaftaran tadi malam pukul 23.59 WIB yang infonya ada yang mendaftar lagi, namun ternyata tidak ada. Jadi untuk Pilkada Meranti 2024, ada empat paslon yang resmi mendaftar," kata Hanafi.

Setelah tahapan pendaftaran, KPU Kepulauan Meranti akan melakukan verifikasi lanjutan berkas pencalonan empat paslon. Di waktu bersamaan itu juga, mereka melakukan verifikasi faktual selama 7 hari dari 29 Agustus sampai 4 September 2024.

"Pagi ini kami melakukan verifikasi lanjutan berkas pencalonan yang masuk. Kalau kira-kira ada yang meragukan, berkas tersebut juga dilakukan verifikasi faktual. Contoh seperti ijazah, karena ijazah ini sangat rentan gugatan. Ketika informasi nanti ternyata ijazahnya palsu, maka itulah dilakukan verifikasi faktual," jelas Hanafi.

Selanjutnya pada 5 September 2024, pihaknya baru mengumumkan kelengkapan administrasi pencalonan. Termasuk juga dengan syarat surat kesehatan semua paslon yang melakukan pemeriksaan di RSUD Arifin Achmad, Pekanbaru sampai beberapa hari ke depan.