20 saksi diperiksa terkait Karhutla di perbatasan Dumai-Bengkalis

id Karhutla Bengkalis Dumai,karhutla

20 saksi diperiksa terkait Karhutla di perbatasan Dumai-Bengkalis

Petugas kepolisian berada di sekitar lahan yang terbakar di Desa Pelintung Kecamatan Medang Kampai Dumai, Riau, Selasa (2/5/2023). Ratusan hektar lahan terbakar di daerah tersebut sejak dua pekan terakhir dan api terus menjalar ke daerah lain akibat cuaca panas dan angin kencang. ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid/foc.

Pekanbaru (ANTARA) - Aparat kepolisian telah memeriksa sebanyak 20 saksi terkait kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang melanda perbatasan Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis sejak beberapa pekan ini.

Direktur Reskrimsus Polda Riau Kombes Pol Teguh Widodo di Pekanbaru, Kamis, menjelaskan 20 saksi tersebut terdiri dari 16 orang di wilayah Kota Dumai dan empat orang dari Kabupaten Bengkalis.

"Masih dalam proses penyelidikan terkait siapa yang menjadi pelaku di balik pembakaran tersebut. Hingga saat ini telah 20 orang diperiksa," sebutnya kepada awak media.

Lanjutnya, puluhan orang yang diperiksa tersebut merupakan perorangan dan belum ada indikasi keterlibatan korporasi hingga saat ini.

Dikatakan Teguh, Polres Dumai dan Polres Bengkalis juga telah mengundang saksi ahli dari Institut Pertanian Bogor (Bogor) untuk mendalami perkara tersebut.

"Saksi ahli dari IPB yaitu Profesor Bambang Heru rencananya akan didatangkan hari ini," pungkasnya.

Profesor Bambang Heru akan mengecek dan mempelajari lokasi Karhutla guna mengetahui secara saintifik kejadian ini terjadi akibat disengaja atau tidak.

Baca juga: Danrem Wira Bima turun berjibaku padamkan karhutla di Rupat

Baca juga: Mengetuk pintu langit atasi karhutla di Provinsi Riau