Karhutla terjadi di perbatasan Bengkalis-Dumai, dua heli bantu padamkan

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,Indah Kiat,App riau, karhutla riau

Karhutla terjadi di perbatasan Bengkalis-Dumai, dua heli bantu padamkan

Proses pemadaman karhutla yang terjadi di perbatasan Bengkalis-Dumai. (ANTARA/HO-PT Indah Kiat)

Pekanbaru (ANTARA) - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali terjadi di perbatasan Kabupaten Bengkalis dan Dumai tepatnya di Desa Tanjung Leban, Kecamatan Bandar Laksamana, Kabupaten Bengkalis, sejak Kamis (21/3).

Kebakaran terpantau sekitar pukul 10.30 WIB. Asap membubung tinggi terlihat dari kejauhan. Sebuahhelikopter berputar beberapa kali mengitari lokasi kebakaran dari udara diduga untuk melihat kondisi kebakaran yang terjadi.

Ketika dikonfirmasi, juru bicara PT Arara Abadi-APP Forestry, Nurul Huda membenarkan bahwa sebuah helikopter milik APP Forestry sedang melakukan melakukan patroli rutin harian pada Kamis (21/3) di sekitar konsesi perusahaan PT SPM sampai batas 5 km luar konsesi. Tim patroli Heli TRC (tim Reaksi Cepat) PT Arara Abadi yang merupakan unit usaha dari APP Forestry Regional Riau mendapati titik api karhutla berjarak lebih kurang 1,5 Km dari batas luar konsesi PT SPM yang merupakan salah satu mitra pemasok dari APP Forestry Regional Riau.

Melalui komunikasi udara, tim Patroli Heli melaporkan ke pusat operasional FOM (Fire Operational Managent) di Perawang dan juga melaporkan ke Humas PT Arara Abadi agar dapat ditindaklanjuti dan berkoordinasi dengan Puskodal (Pusat Komando Pengendalian) Satgas Karhutla Riau melalui BPBD di Pekanbaru.

Nurul menjelaskan PT Arara Abadi-APP Forestry serta mitra usahanya selama ini merupakan bagian dari Tim Satgas Karhutla Riau, sehingga pihaknya berkoordinasi dengan Satgas Karhurla Riau. Sesuai arahan dari Satgas Riau agar APP Forestry dapat membantu memadamkan Karhutla baik melalui tim darat dari RPK PT SPM maupun PT BBHA dan juga Heli Water Bombing milik APP Forestry, dan kita telah juga menggerakkan 1 unit heli waterbombing Jenis Kamov PK KII.

Menyangkut Karhutla yang terjadi di Desa Tanjung Leban, Kepala Pelaksana BPBD Riau M. Edy Afrizalmenyampaikan apresiasi kepada tim APP Forestry atas koordinasi dan kerjasama serta bantuan yang diberikan oleh perusahaan.

“Apresiasi untuk tim APP Sinar Mas (APP Forestry) yg telah berjibaku membantu pemadaman karhutla dan ini merupakan salah satu wujud dari pada kolaborasi dan soliditas tim Satgas Karhutla Provinsi Riau dimana tim APP merupakan bagian dari tim satgas," katanya melalui pernyataan.

Sementara Pengendali operasi FOM PT Arara Abadi, Decha F. Hane menambahkan melalui FOM PT Arara Abadi sudah menginstruksikan kepada mitra kita PT SPM dan PT BBHA agar ikut berperan aktif membantu memadamkan Karhutla di Tanjung Leban.