Presiden Jokowi sebut film nasional melangkah maju sesuai kehendak zaman

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, film

Presiden Jokowi sebut film nasional melangkah maju sesuai kehendak zaman

Petugas perawatan film Sinematek, Firdaus melakukan perawatan gulungan pita film atau seluloid di salah satu ruang bawah tanah gedung Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail (PPHUI), HR Rasuna Said, Jakarta, Rabu (30/3/2022). (ANTARA FOTO/Reno Esnir/YU)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo mengatakan film nasional melangkah maju sesuai kehendak zaman melalui semangat perjuangan untuk berkarya.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam ucapan Selamat Hari Film Nasional, yang diunggah dalam akun sosial media Instagram @jokowi yang dipantau di Jakarta, Kamis.

"Dengan semangat itulah, film nasional kita melangkah maju sesuai kehendak zaman,” ujar Presiden melalui unggahan di akun Instagram.

Jokowi mengatakan, film nasional lahir di masa-masa perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Kelahirannya juga sebuah momen bersejarah.

"Di dalamnya ada elan (semangat) perjuangan yang menyala-nyala untuk berkarya seraya menumbuhkan heroisme anak bangsa,” kata dia.

Dalam unggahannya Presiden menyertakan gambar ilustrasi masyarakat dengan segala tingkah lakunya sedang menyaksikan bioskop.

Untuk diketahui, Hari Film Nasional adalah peringatan hari film di Indonesia yang diperingati setiap tanggal 30 Maret, disamakan dengan hari pertama pengambilan gambar film karya sutradara Usmar Ismail tahun 1950.

Baca juga: Lima film ikonik versi "remake" yang dapat ditonton untuk rayakan Hari Film Nasional

Baca juga: Kemenparekraf ajak seluruh stakeholder kerja sama bangun ekosistem industri film