KONI Provinsi Riau lakukan pemeriksaan berkala kesehatan 900 atlet

id KONI Riau

KONI Provinsi Riau lakukan pemeriksaan berkala kesehatan 900 atlet

Atlet Karate asal Kampar Usai Berhasil Mendapat Medali Perak pada Porprov Riau X di Kuantan Singingi. (ANTARA/dok.

Pekanbaru (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Riau kini mengoptimalkan pembinaan dengan melakukan pemeriksaan berkala kesehatan 900 atlet di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Ahmad Pekanbaru.

"Dengan demikian setelah kesehatan para atlet diperiksa maka petugas kesehatan bisa melaporkan rekam medis semua atlet yang sangat penting untuk upaya memaksimalkan prestasi sang atlet," kata Kepala Bidang (Kabid) Gizi Dan Kesehatan KONI Riau, dr. Nuzelly Husnedi, MARS dalam keterangannya di Pekanbaru, Rabu.

Nuzelly Husnedi mengatakan para atlet harus menjalani serangkaian pengecekan kesehatan seperti mengecek kondisi jantung. Pelaksanaan tes kesehatan ini mulai dilakukan secara bertahap sejak beberapa hari sebelumnya.

Sesuai program KONI Riau, Nuzzely menyebutkan para atlet menjalani dua tes awal yaitu kesehatan dan fisik. Untuk pengecekan kesehatan atlet maka KONI Riau melibatkan tim teknis, tenaga instruktur, tenaga ahli bekerja sama dengan bidang binpres dan bidang kesehatan dan gizi KONI Riau.

"Kapasitas untuk memeriksa kesehatan atlet terbatas setiap hari Senin-Jumat akan tetapi jelang Ramadhan ini pemeriksaan kesehatan atlet sudah selesai. Selain jantung pemeriksaan kesehatan juga mengenai riwayat medis dan riwayat lain seperti cedera," ujar Nuzelly.

Ia mengatakan hasil pemeriksaan kesehatan dan fisik para atlet ini menjadi bahan bagi KONI Riau untuk kemudian disampaikan kepada masing-masing Pengurus Provinsi cabang olahraga dan pelatih untuk memberikan pembinaan kepada atlet dengan lebih baik lagi.

Sedangkan tujuan pelaksanaan tes kesehatan atlet adalah untuk mengetahui kondisi terkini atlet sebagai acuan dalam menghadapi kejuaraan-kejuaraan .