Ombudsman Terima Puluhan Pengaduan Layanan Kartu Keluarga

id ombudsman terima, puluhan pengaduan, layanan kartu keluarga

Ombudsman Terima Puluhan Pengaduan Layanan Kartu Keluarga

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Ombudsman Perwakilan Riau menerima puluhan pengaduan layanan yang menyulitkan masyarakat terkait pengurusan kartu keluarga di Kota Pekanbaru.

"Rencananya kami akan datang ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk menindaklanjuti keluhan masyarakat itu," kata Ketua Ombudsman Riau, Ahmad Fitri kepada Antara di Pekanbaru, Selasa siang.

Ia menjelaskan, sangat banyak masyarakat dari berbagai kelurahan yang ada di daerah ini mendatangi kantor Ombudsman Perwakilan Riau untuk melaporkan kinerja pemerintah yang dinilai buruk terkait pengurusan dokumen kependudukan.

Oleh sebab itu, demikian Ahmad, hal itu sangat perlu untuk ditindaklanjuti agar pemda dapat segera memperbaiki sistem pelayanannya.

Pada intinya, kata dia, Ombudsman hanya akan berjalan sesuai dengan aturan dan undang-undang yang berlaku.

"Kalau itu menjadi temuan, maka akan diproses sesuai dengan aturan itu. Yang pertama yakni dengan menyurati lembaga atau instansi terkait agar memperbaiki dengan segera sistem pelayanannya," kata dia.

Berbagai kalangan warga di Kota Pekanbaru, Riau, mengeluh. Itu akibat pengurusan dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) membutuhkan waktu lama bahkan hingga berbulan-bulan.