Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur pastikan kesiapan pengemudi dan bus AKAP

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Terminal

Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur pastikan kesiapan pengemudi dan bus AKAP

Arsip foto - Sejumlah calon penumpang menunggu kedatangan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Senin (12/12/2022). (ANTARA FOTO/Darryl Ramadhan/hp.)

Jakarta (ANTARA) - Pengelola Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, memastikan kesiapan pengemudi dan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) menjelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Kepala Terminal Kampung Rambutan Yulza Romadhoni mengatakan, untuk pemeriksaan kesehatan sopir bus AKAPdilakukan sejak 19 Desember 2022 hingga 4 Januari 2023.

"Sampai saat ini belum ada ditemukan yang positif narkoba, hanya mungkin tensi tinggi itu kita beri obat," kata Yulza Romadhoni di Jakarta, Rabu.

Yulza menambahkan, pemeriksaan kesehatan sopir bus AKAP itu terdiri dari pemeriksaan fisik, tekanan darah, pemeriksaan kadar gula darah hingga tes urine untuk mengetahui kadar alkohol dan kadar narkoba.

Sopir bus AKAP juga harus telah melakukan vaksin COVID-19 dosis ketiga atau "booster". Bagi sopir bus AKAP yang dinyatakan tak lolos kesehatan maka tidak diizinkan untuk mengemudikan bus.

Sementara terkait data hasil uji kelaikan jalan yang telah masuk pada 19-20 Desember 2022 dari 29 bus AKAP yang dilakukan pemeriksaan terdapat 20 bus yang dinyatakan laik jalan.

Sedangkan sembilan bus lainnya dinyatakan laik jalan dengan catatan. Uji kelaikan jalan itu dilakukan terhadap seluruh bus AKAP dari berbagai perusahaan otobus (PO) meliputi pemeriksaan masa berlaku KIR, fungsi klakson hingga lampu.

Kemudian juga pemeriksaan kondisi ban serta aspek penunjang keselamatan saat bus membawa penumpang ke tempat tujuan. Pemeriksaan itu dilakukan untuk mencegah kasus kecelakaan akibat kendala armada bus AKAP.

Yulza mengatakan, bus-bus yang dinyatakan laik jalan dengan catatan harus memperbaiki kekurangan yang ditemukan saat uji kelaikan jalan.

Dia mengungkapkan, masih ada beberapa bus yang kurang alat pemecah kaca dan alat

pemadam api ringan(APAR). "Itu kita ingatkan ke PO bus untuk memenuhi persyaratan itu," tutur Yulza.

Untuk uji kelaikan jalan (ramp check) bus AKAP di Terminal Kampung Rambutan dilakukan setiap harinya mulai 19 Desember 2022 hingga 4 Januari 2023.

"'Ramp check' tersebut dilakukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang di Terminal Kampung Rambutan," ujar Yulza.

Baca juga: PT Pelindo Terminal Petikemas Indonesia paparkan peta jalan pengembangan usaha

Baca juga: Maskapai penerbangan AirAsia kembali beroperasi di Terminal 4 Bandara Changi Singapura