Pesawat kecil tabrak jaringan kabel listrik tegangan tinggi dekat Washington

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, listrik

Pesawat kecil tabrak jaringan kabel listrik tegangan tinggi dekat Washington

Sebuah pesawat kecil menggantung sekitar 100 kaki (33 meter) di atas tanah setelah menabrak menara listrik di Gaithersburg, Maryland, AS, 27 November 2022 dalam gambar diam dari video. (ABC affilate WJLA via REUTERS/as)

Washington (ANTARA) - Sebuah pesawat kecil menabrak jaringan kabel listrik tegangan tinggi sekitar 48 kilometer sebelah utara Washington DC pada Minggu (27/11) sehingga menyebabkan pemadaman listrik massal di kawasan itu.

Tim penyelamat bekerja hingga malam hari untuk menyelamatkan dua orang di dalam pesawat yang masih terjerat kabel.

Pesawat tersebut jatuh sekitar pukul 17.30 waktu setempat (Senin 05.30 WIB) saat kondisi cuaca berkabut dan basah di Montgomery Village, Maryland, menurut Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Montgomery.

Pesawat itu terjerat kabel yang dialiri listrik pada ketinggian sekitar 30,5 meter di atas tanah.

Insiden tersebut memicu pemadaman listrik bagi lebih dari 120.000 pelanggan, menurut perusahaan listrik wilayah Washington, Pepco.

Sejumlah jalan juga ditutup dan banyak lampu lalu lintas di daerah itu tidak berfungsi.

Petugas damkar mengatakan dua orang masih hidup tetapi terjebak di dalam pesawat.

Kepala Dinas DamkarMontgomery Scott Goldstein mengatakan bahwa petugas penyelamat melakukan kontak dengan kedua penumpang pesawat itu lewat ponsel secara berkala.

Namun, Goldstein menolak menjelaskan secara terperinci kondisi kedua penumpang dan hanya mengatakan "kami telah menghubungi mereka".

"Tidak ada cara lain untuk menentukan apakah aman atau tidak untuk mengakses menara listrik sampai listriknya dipadamkan, yang berarti kru harus naik sendiri ke atas jaringan untuk memasang klem dan kabel untuk memastikan tidak ada listrik statis atau arus listrik 'liar'," kata Goldstein kepada wartawan.

Goldstein mengatakan pesawat itu juga perlu diamankan ke menara listrik sebelum penumpangnya bisa dipindahkan.

Dia mengatakan "derek yang luar biasa besar" disediakan oleh perusahaan lokal yang ada di lokasi, selain beberapa tenaga spesialis menara listrik yang akan menangani truk-truk menara besar.

Menurut Badan Administrasi Penerbangan Federal AS (FAA), pesawat Mooney M20J itu terbang dari Westchester, New York dan dijadwalkan mendarat di Montgomery Airparkdekat lokasi kecelakaan.

Sumber: Reuters