4.171 Siswa Madrasah di Rohil Terima BSM

id 4171 siswa, madrasah di, rohil terima bsm

4.171 Siswa Madrasah di Rohil Terima BSM

Bagansiapiapi, (antarariau.com) - Sebanyak 4.171 siswa madrasah tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) swasta yang ada di Kabupaten Rokan Hilir, Riau telah menerima dana Bantuan Siswa Miskin (BSM) dari Kementerian Agama RI.

"Bantuan dana BSM tahun 2013 ini telah disalurkan oleh Kementerian Agama pusat kepada 4.171 orang siswa madrasah swasta yang ada di Kabupaten Rohil. Kalau ditotal jumlah dana BSM yang disalurkan pada pekan lalu tersebut mencapai Rp2,362 miliar lebih," kata Kepala Kementerian Agama Rohil, H Agustiar, Selasa.

Dana BSM untuk siswa madrasah tersebut telah disalurkan melalui Bank Syariah Mandiri langsung ke rekening masing-masing siswa.

"Pekan lalu dana BSM itu sudah disalurkan melalui Bank Syariah Mandiri langsung ke rekening masing-masing siswa. Mudah-mudahan dana tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para siswa yang menerima," katanya.

BSM yang langsung disalurkan ke rekening para siswa tersebut, sebanyak 1.690 siswa MI, 1.616 siswa MTs dan 865 orang siswa MA.

Adapun besaran dana yang diterima masing-masing siswa sebesar Rp 360 ribu/tahun untuk siswa MI, Rp 550 ribu/tahun untuk siswa MTs dan Rp 1 juta/ tahun untuk siswa MA.

Dana BSM tersebut, jelas H Agustiar, digunakan oleh siswa hanya boleh untuk membeli buku dan alat tulis, membeli baju seragam sekolah, untuk transportasi ke madrasah dan lain-lain untuk proses belajar mengajar di madrasah.

Sementara syarat dan keriteria siswa penerima dana (BSM), siswa atau orangtua yang bersangkutan harus memiliki kartu bantuan langsung tunai mandiri (BLSM), benar-benar tidak memiliki biaya sekolah, anak yatim dan anak dari golongan orang miskin.

"Semua persyaratan itu harus pula dibuktikan dengan surat keterangan dari kepala desa/lurah. Dan setiap tahun jumlah siswa penerima BSM ini bisa mengalami perubahan dan tergantung kuota dari pusat," kata H Agustiar.