MAN 1 Kota Pekanbaru sosialisasikan strategi kuliah di timur tengah

id Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) I Pekanbaru Norerlinda, giatkan sosialisasi di MAN I, di Kota Pekanbaru.

MAN 1 Kota Pekanbaru sosialisasikan strategi kuliah di timur tengah

Sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) I Pekanbaru. ANTARA/Dokpri

Pekanbaru (ANTARA) - Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) I Pekanbaru Norerlinda mengatakan pihaknya menggiatkan sosialisasi tentang strategi kuliah di Timur Tengah, menjadi surga bagi pencari ilmu karena tersedia majelis talaqqi/pengajian di berbagai tempat yang diampu oleh para ulama besar.

"Karena itu kami serius mendorong siswa untuk bisa meraih pendidikan internasional tersebut," kata Norerlinda kepada wartawan di Pekanbaru, Kamis.

Menurut dia, saat kuliah di Timur Tengah maka setiap pelajar dapat memilih jenis majelis mana yang ingin mereka kunjungi yang mengajarkan disiplin ilmu yang berbeda.

Ia menyebutkan Timur Tengah merupakan negeri para nabi, banyak nabi dan ulama besar yang terlahir dari Timur Tengah, sehingga menambah semangat siswa untuk mencari ilmu agar bisa menjadi ulama besar di masa datang.

"Karena itu, penting persiapan yang matang untuk siswa agar bisa melanjutkan studi ke luar negeri itu, sehingga kami mengundang nara sumber kompeten di bidangnya untuk memberikan informasi yang akurat," katanya.

Apalagi katanya, Timur Tengah merupakan salah satu komunitas Muslim terbesar di dunia asal Asia, Afrika, Australia, dan Amerika sekaligus menjadi tujuan bagi seluruh pelajar Islam dunia untuk memperdalam ilmu. Selain itu berkesempatan untuk mengenal lebih dalam karakteristik serta kebudayaan Islam dari banyak negara.

Untuk itu sosialisasi itu penting karena peserta mendapatkan banyak informasi bermanfaat mengenai berbagai hal mulai dari pemilihan jurusan, persyaratan pendaftaran hingga kehidupan mahasiswa di luar negeri.

"Semoga banyak siswa MAN I Pekanbaru dan madrasah aliyah lain bisa meraih mimpi mereka untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi terbaik di dunia," katanya.

Ketua Panitia Alif Melky Ramdani mengatakan sosialisasi ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran yang jelas kepada siswa mengenai langkah-langkah yang perlu ditempuh untuk meriah cita-cita kuliah di perguruan tinggi luar negeri itu.

"Materi yang disampaikan berkaitan dengan strategi dan cara agar bisa lolos menuju sekolah luar negeri atau di Timur tengah di Timur Tengah semoga yang lulus makin lebih banyak lagi," demikian Alif.*