Lebih sepekan demo penolakan kenaikan BBM bergulir di DPRD Riau

id Demo BBM, DPRD Riau, tolak harga, mahasiswa UIR

Lebih sepekan demo penolakan kenaikan BBM bergulir di DPRD Riau

Demo penolakan kenaikan harga BBM di DPRD Riau (ANTARA/Diana S)

Pekanbaru (ANTARA) - Seratusan mahasiswa Universitas Islam Riau kembali menyampaikan penolakan kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Gedung DPRD Riau, Kamis.

Pasca ditetapkannya kenaikan harga BBM oleh pemerintah beberapa waktu lalu, suara penolakan terus disampaikan oleh sejumlah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, tak hanya mahasiswa buruh serta supir truk juga ikut aksi unjuk rasa dalam sepekan lebih

Mereka bergantian mendatangi gedung DPRD Riau menyampaikan orasi berharap agar tuntutan soal kondisi masyarakat yang terpuruk usai kenaikan BBM diteruskan wakil rakyat di daerah hingga ke pusat.

"Bentuk perjuangan mahasiswa mewakili kondisi masyarakat tidak akan terhenti. Kami di sini hanya menuntut keadilan. Tolong dibukakan pintu, kami hanya ingin bertemu dengan wakil rakyat kami yang ada di dalam," ujar salah satu orator seraya mengomandoi massa untuk melangkah maju ke arah petugas.

Mendapat respons dari mahasiswa yang terus memaksa masuk, dua kali aparat kepolisian menghalau mundur mahasiswa hingga meluber ke jalan. Aksi saling dorong pun tak terhindarkan lagi. Karena tersulut emosi ada yang melempar botol sehingga mengenai bagian kepala petugas. Kejadian ini juga membuat arus lalu lintas lintas terpantau macet beberapa saat

Operator kepolisian melalui pengeras suara terus mengimbau mahasiswa untuk menyampaikan orasi dengan tertib dan sopan. Tak lama berselang, Ketua DPRD Riau Yulisman didampingi Wakil Ketua DPRD Riau Hardianto sempat menemui mahasiswa.