Tiga Tungku Sejarangan: Seratusan Ulama Riau usung pencalonan Ganjar Pranowo menjadi Presiden RI 2024-2029

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Ganjar Pranowo

Tiga Tungku Sejarangan: Seratusan Ulama Riau usung pencalonan Ganjar Pranowo menjadi Presiden RI 2024-2029

Seratusan ulama, 28 tokoh intelektual Islam, serta cendekiawan di Tanah Melayu, Provinsi Riau usung Ganjar Pranowo menjadi calon Presiden RI 2024-2029 dalam Ijtima' mufakat digelar di Pekanbaru Kamis (11/8). (Foto:Antara/HO-Panitia)

Pekanbaru (ANTARA) - Seratusan ulama dan 28 tokoh intelektual Islam, serta cendekiawan di Tanah Melayu, Provinsi Riau kini mengusung pencalonan

Ganjar Pranowo menjadi Presiden RI 2024-2029.

"Pak Ganjar cocok diusulkan menjadi calon Presiden RI merujuk pengalamannya sejak menjadi anggota DPR RI, lalu saat ini memimpin Jawa Tengah (Jateng) selama dua periode, menunjukan rekam jejak yang sangat baik. Selain itu, Ganjar juga sangat peduli dengan perkembangan pesantren dan Islam," kata Dr KH Abu Zazid ulama dari Ponpes Hidayatus Salikin Pekanbaru kepada wartawan di Pekanbaru, Kamis.

Dia mengatakan itu, terkait aspirasi mengapungkan Ganjar Pranowo sebagai calon Presiden 2024 terus meluas ke berbagai daerah di Indonesia, sementara Pemerintah telah melantik Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) periode 2022-2027 pada April 2022 yang segera mempersiapkan pemilu dan pilkada serentak 2024.

Abu Zazid mengatakan, pengusungan Ganjar tersebut mengapung berdasarkan musyawarah dari para ulama hingga akademisi Provinsi Riau dan yang menerbitkan ijtima mufakat dari para habib, ulama, dan para akademisi bahwa sepakat mendukung Pak Garwo (Ganjar Pranowo).

Sebab, katanya, mereka ingin negara ini dipimpin oleh sosok yang religius dan nasionalis. Ganjar Pranowo telah memimpin dua periode Jateng dan dinilai berhasil.

"Jateng bukan representatif Jawa, tapi mencermati keberadaan seorang yang bisa menggerakan massa, punya skill, dan teruji, baik di parlemen maupun saat memimpin daerah, maka pantas pak Ganjar diusulkan," katanya.

Sementara itu Pimpinan STIE Bangkinang Kampar, Dr H Zulher, mengatakan pihaknya meyakini jika Ganjar bisa melanjutkan kepemimpinan Joko Widodo karena visi dan misinya yang jelas untuk kemajuan dan kesejahteraan rakyat Indonesia.

"Memang banyak putra bangsa yang baik, tapi sosok figur yang seperti Pak Ganjar ini sulit ditemukan. Beliau energik, merakyat, serta punya visi misi membangun Indonesia. Di dalam diri pak Ganjar juga terdapat simbol "tungku tigo sejarangan" sehingga dirasa cocok dan pas menjadi pemimpin untuk Indonesia 2024," katanya.

Ganjar katanya lagi, memiliki kecakapan di bidang pemerintahan, pemahaman agama (dekat dengan ulama), dan masyarakat sehingga tidak perlu diragukan lagi untuk menjadi pemimpin.