Sebanyak 150 putra Riau ikuti seleksi magang kerja ke Jepang

id Pemrov Riau

Sebanyak 150 putra Riau ikuti seleksi magang kerja ke Jepang

Gubernur Riau Syamsuar saat membuka seleksi peserta program pemagangan ke Jepang.(Foto:Antara/HO-Diskominfotik Riau).

Pekanbaru (ANTARA) - Gubernur Riau,Syamsuar,membuka seleksi 150 putra Riau yang akan mengikuti program pemagangankerja ke sejumlah perusahaan di Jepang tahun 2022 bertempat di Gelanggang Olahraga Remaja, Selasa.

"Semoga sehat selalu dan ikutilah seleksi ini dengan sebaiknya, yakinlah kalau kita memiliki kemampuan insyaallahAnanda semua akan lulus seleksi," kata Syamsuar.

Sebanyak 150 peserta tersebut berasal dari kabupaten dan kota se-Riau. Kegiatan seperti ini sudah 10 tahun lebih tidak dilaksanakan di Provinsi Riau.

Syamsuardalam kesempatan itu berpesan, peserta yang lolos seleksi bisa mengikuti budaya Jepang yang terkenal dengan kedisiplinannya, sehingga diharapkan dapat dipraktikkan dalam kehidupan pribadi.

"Kita tahu di sana disiplin, di sana Ananda semua juga akan belajar bahasa asing seperti bahasa Inggris dan Jepang. Mudah-mudahan bisa diikuti dengan sebaik-baiknya," kata Syamsuar.

Kepada Kementerian Ketenagakerjaan RI, Gubernur Syamsuar juga menyampaikan terimakasih atas kesempatan dan peluang yang diberikan kepada Provinsi Riau dengan harapan kedepannya kuota yang diberikan ke Riau bisa lebih banyak lagi.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau, Imron Rosyadi juga berharap semua peserta dari Riau yang mengikuti seleksi bisa lulus dan bisa magang pada beberapa perusahaan di Jepang selama 3 tahun, serta diberikan fasilitas seperti uang saku, tempat tinggal dan makan.

"Mudah-mudahan yang mendaftar lulus semua, dan kalau bisa diperpanjang magang ini akan ditambah 2 tahun, jadi total lama bisa magang disana 5 tahun," kata Imron.