Ada 232 titik lokasi Sholat Idul Adha di Pekanbaru

id Kemenag Pekanbaru

Ada 232 titik lokasi Sholat Idul Adha di Pekanbaru

Sholat idul Adha di Pekanbaru. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru merekomendasikan 232 titik lokasi yang tersebar di beberapa kecamatan untuk pelaksanaan shalat Idul Adha 1443 Hijriah pada Ahad (10/7).

Plt Kepala Kemenag Kota Pekanbaru H Abdul Wahid di Pekanbaru, Sabtu mengatakan lokasi pelaksanaan shalat Id sudah diteruskan kepada seluruh penyuluh agama dan ketua masjid di Kota Pekanbaru yang diharapkan edaran tersebut menjadi pedoman.

"Terkait pelaksanaan shalat Idul Adha sudah ditetapkan Menteri Agama Republik Indonesia pada 10 Juli 2022. Untuk shalat Idul Adha di Pekanbaru memang ada juga yang melaksanakan pada hari Sabtu (9/7), namun ini tidak perlu dipermasalahkan," kata Wahid.

Ia mengatakan, untuk pelaksanaan shalat Idul Adha yang akan melibatkan jamaah cukup besar di Kota Pekanbaru diperkirakan di halaman Masjid Raya An-Nur Riau yang akan menjadi pusat pelaksanaan salat Id di Kecamatan Pekanbaru Kota.

Berikutnya, katanya, di halaman Kantor Gubernur Riau juga diperkirakan bakal ramai dan yang akan bertindak sebagai khatib sesuai surat Kemenag Kota Pekanbaru adalah Ketua MUI Kampar H Mawardi M Saleh MA.

"Sementara pelaksanaan shalat Id di Lapangan Bukit Senapelan juga diperkirakan akan ramai dihadiri jamaah," sebutnya.

Namun demikian pada pelaksanaan shalat Idul Adha dan dilanjutkan setelah itu pemotongan hewan kurban, para pengurus masjid hendaknya tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Jamaah dan masyarakat, katanya, perlu tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan selama keputusan pemerintah yang mengatakan bahwa pandemi COVID-19 belum berakhir.