KONI Se-Sumatera Dukung Sumut Tuan Rumah PON

id koni se-sumatera, dukung sumut, tuan rumah pon

KONI Se-Sumatera Dukung Sumut Tuan Rumah PON

Medan, 1/9 (antarariau.com) - KONI se-Sumatera memberikan dukungan penuh kepada Sumatera Utara untuk menjadi rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) PON XX tahun 2020.

Hal ini sejalan dengan komitmen KONI se-Sumatera yang tercetus dalam Rapat Koordinasi yang digelar Jumat hingga Sabtu malam (30-31/8) di salah satu hotel berbintang di Medan.

"Alhamdulillah, KONI se-Sumatera komit mendukung Sumut menjadi tuan rumah PON XX/2020. Dukungan ini menjadikan kami kian mantap rasanya mencalonkan diri sebagai pelaksana pesta olahraga paling bergengsi di tanah air tersebut," kata Sekda Provinsi Sumut, Nurdin Lubis selaku Ketua Tim Pemenangan, Minggu.

Nurdin Lubis didampingi Ketua Harian Khairul Anwar (Kadispora) dan Penasehat Tim Gus Irawan Pasaribu (KONI Sumut) membenarkan, komitmen yang tercetus dalam rapat koordinasi ini sesungguhnya merupakan kelanjutan dari kesepakatan yang tercetus tahun 2011 lalu, tepatnya saat pelaksanaan Porwil di Batam, Kepulauan Riau.

Dari Sembilan KONI se-Sumatera yang diundang Sumut, hanya Lampung berhalangan hadir.

Nurdin Lubis, Khairul Anwar dan Gus Irawan Pasaribu pada rapat koordinasi tersebut secara bergantian menjelaskan, setelah PON III/1953, Sumut tidak pernah lagi mengelar PON.

Karenanya,keinginan masyarakat agar Sumut menjadi tuan rumah PON sudah sangat memuncak.

Apalagi PON diyakini memberi banyak manfaat karena turut memacu pembangunan di berbagai sektor.

Karena itu pula, sebagai bentuk komitmen pemerintah provinsi, Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho membuat SK dan membentuk Tim Pemenangan dipimpin Nurdin Lubis didukung berbagai elemen masyarakat dari berbagai sektor.

Nurdin Lubis juga menyebutkan, pelaksanaan PON XX/2020 di Sumut juga dipastikan tim peserta nantinya bisa lebih menghemat biaya.

Kehadiran Bandara Kuala Namu sebagai bandara kedua terbesar di tanah air, juga akan mendukung kelancarnya transportasi udara.

Apalagi ke depan juga sudah ada rencana membangun dua terminal tambahan di bandara tersebut.

Pemprov Sumut juga berencana membangun kompleks olahraga di atas tanah seluas 200 hektar di kawasan yang tidak berjauhan dengan kompleks Kuala Namu.

Kompleks olahraga yang akan dibangun ini, tambah Khairul melengkapi sarana-sarana olahraga yang saat ini sudah ada sekira 60 persen.

Sementara soal akomodasi tidak ada masalah, karena selain jumlah hotel saat ini cukup banyak, jumlah hotel berbintang di Sumut akan terus bertambah.

Karenanya, kebersamaan KONI se-Sumatera sangat diperlukan mendukung Sumut tuan rumah PON XX/202