Rafi sumbang emas tuan rumah dari senam lantai

id PON Papua, senam artistik lantai, senam artistik putra, senam artistik, final senam artistik PON XX Papua

Rafi sumbang emas tuan rumah dari senam lantai

Para pemenang dari senam artistik putra nomor lantai untuk PON XX Papua. Abiyu Rafi memenangkan medali emas untuk Papua (tengah), Feroius One W memenangkan medali perak untuk Jawa Timur (kiri), Joseph Jundah memenangkan perunggu untuk DKI Jakarta (kanan) di Istora Papua Bangkit, Minggu (4/10/2021). (ANTARA/Livia Kristianti)

Jayapura (ANTARA) - Pesenam muda Abiyu Rafimenyumbangkan medali emas untuk tuan rumah Papua dari cabang olahraga senam artistik putra nomor lantai PONXX di IstoraPapua Bangkit, Minggu.

Kemenangan itu diraih Abiyu Rafisetelah dewan juri memberikan skor 13.875 poin.

Ia mengungguli pesenamJawa Timur sekaligus peraih emas PON 2016Feroius One W. yang meraih skor 13.025 dan harus puas dengan medali perak, sedangkan perunggu menjadi milikJoseph Jundah H.S. (DKI Jakarta) dengan skor 12.800.

Pada saat berlomba, AbiyuRafi mendapatkan dukungan meriah para penonton di tribun dan energi positif tersebut berujung pada hasil memuaskan untuk Papua.

"Ini PON pertama (saya), makanya saya tegang. Saya gak nyangka banget (meraih emas),"kata Abiyu seusai perlombaan.

Meski mengaku tegang, Abiyutetap berupaya memberikan penampilan terbaik dalam keikutsertaan pertamanya di pesta olahraga nasional empat tahunan ini.

AbiyuRafidijadwalkan kembali berlomba pada nomor palang sejajar pada Senin (4/10), bersaing dengan pesenam dari Riau, Jawa Timur, Sumatera Barat, Lampung, dan Sumatera Selatan.