Sumsel Siap Jadi Alternatif Tuan Rumah PON-XVIII

id sumsel siap, jadi alternatif, tuan rumah pon-xviii

Sumsel Siap Jadi Alternatif Tuan Rumah PON-XVIII

Pekanbaru, (antarariau) - Provinsi Sumatera Selatan menyatakan siap menjadi alternatif tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII/2012 jika sejumlah fasilitas penunjang di Riau tak kunjung tuntas.

"Sebelumnya memang ada yang meminta kami untuk menjadi tuan rumah alternatif penyelenggaraan PON," kata Gubernur Sumsel Alex Noerdin kepada wartawan seusai menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakernas) Serikat Perusahaan Pers (SPS) di Pekanbaru, Riau, Jumat.

Walau demikian, demikian Alex, keputusan tersebut dikembalikan ke

Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB-PON).

Tentunya, kata dia, kalau beberapa venue atau gelanggang cabang olahraga PON di Riau masih ada yang belum rampung, tentu harus ada upaya alternatif, misalnya dengan merangkul daerah lain demi membantu kesuksesan PON tersebut.

"Alternatif ini adalah untuk menjaga citra bangsa. Jangan sampai PON ditunda dalam rentang waktu yang lama," katanya.

Penyelenggaraan PON menurutnya harus sama-sama didukung oleh berbagai pihak, baik masyarakat maupun pemerintah pusat dan daerah yang ditunjuk sebagai tuan rumah PON.

Menurut dia, berapapun proyek gelanggang yang belum rampung, sebenarnya bisa dipercepat dengan mengerahkan seluruh kekuatan dan dukungan berbagai pihak terkait.

"Salah satunya harus dikerjakan dengan ribuan pekerja dan dilakukan percepatan penyelesaian siang dan malam," katanya.

Jika tidak juga selesai, kata dia, maka harus ada daerah alternatif untuk menyelamatkan PON tetap terlaksana sesuai jadual.

"Untuk saat ini, Sumatra Selatan siap kapan saja, mau seminggu pun bisa dipersiapkan karena arenanya sudah ada dan lengkap," katanya.

Pada intinya, demikian Alex, Sumsel hanya berusaha untuk membantu saudara atau daerah yang sedang kesulitan dalam penyelenggaraan event nasional.

Alex juga menganjurkan agar pemerintah Riau tidak memaksakan penyelesaian kesiapan arena PON ke XVIII.

"Kalau memang tidak selesaikan, jangan dipaksakan. Nanti hasilnya bisa buruk dan penyelenggaraannya berpotensi tidak maksimal," katanya.

Palembang, atau Sumsel, menurut Alex, sangat siap untuk membantu menjadi tuan rumah kedua PON ke XVIII.

"Lagi pula jarak Palembang-Pekanbaru dengan naik pesawat udara hanya sekitar 45 menit. Tidak ada masalah sebenarnya kalau PON juga dilaksanakan di dua provinsi, baik Sumsel dan Riau," katanya.