Ironis.... Patung GWK Tahap I Habiskan Rp450 Miliar

id ironis patung, gwk tahap, i habiskan, rp450 miliar

Ironis.... Patung GWK Tahap I Habiskan Rp450 Miliar

Denpasar (Antaranews) - Ditengah kemiskinan yang mendera sebagian besar masyarakat Indonesia, pemerintah melanjutkan pembangunan patung Garuda Wisnu Kencana dengan dana tahap I sebesar Rp450 miliar dan entah berapa banyak lagi dana tambahan untuk menyelesaikannya.

Entah apa yang ada dalam pemikiran pemerintah menggelontorkan dana yang sedemikian fantastis, seberapa besar manfaatnya bagi pengembangan pariwisata daerah itu. Yang jelas pembangunan patung itu tentunya melukai hati sebagian masyarakat dan pengawasan penggunaan dana itu harus ketat dan transparan. Patung itu sendiri sudah terhenti pembangunannya selama 16 tahun.

Pembangunan kembali patung Garuda Wisnu Kencana atau GWK di kawasan Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali ditandai dengan peletakan batu pertama pada Jumat sore.

"Peletakan batu pertama akan dilakukan Gubernur Bali Made Mangku Pastika," kata penggagas dan pelaksana pembangunan patung tersebut, Nyoman Nuarta di Jimbaran, Jumat.

Patung itu sendiri sudah terhenti pembangunannya selama 16 tahun.

Nyoman Nuarta yang juga direktur Artistik dalam pementasan itu menambahkan, patung GWK tak lepas dari tarik menarik dua kutub kebudayaan tersebut.

GWK diambil dari kosmologi Bali yang telah bersinergi dengan agama. sementara dalam fungsinya nanti kawasan GWK akan menjadi destinasi wisata di didesain oleh manusia modern.

Nyoman Nuarta sebagai inisiator dan seniman GWK bertekad kuat bahwa pembangunan patung yang akan menjadi landmark pariwisata Indonesia di abad modern dapat dirampungkan dalam tiga tahun mendatang.

Patung GWK yang direncanakan pembangunannya sejak 20 tahun lalu mempunyai total tinggi 127 meter, melebihi tinggi patung Liberty di New York Amerika Serikat yang memiliki ketinggian 93 meter. Ketinggian GWK dari permukaan laut mencapai 226 meter.