Harga minyak dan komoditas lainnya melonjak di tengah aksi jual saham global

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, harga minyak

Harga minyak dan komoditas lainnya melonjak di tengah aksi jual saham global

Ilustrasi: Eksplorasi minyak lepas pantai di Teluk Meksiko (ANTARA/REUTERS/Henry Romero)

New York (ANTARA) - Harga minyak dan komoditas lainnya melonjak sementara saham global merosot pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB), karena Amerika Serikat mengatakan bersedia melarang impor minyak Rusia, memicu kekhawatiran investor atas inflasi dan memperlambat pertumbuhan ekonomi.

Minyak mentah Brent, patokan internasional, sempat mencapai lebih dari 139 dolar AS per barel, level tertinggi sejak 2008. Harga nikel meroket 90 persen, emas menembus 2.000 dolar AS per ounce dan gandum melonjak ke level tertinggi 14 tahun, karena pembeli dan pedagang industri berebut di tengah gangguan pasokan terkait dengan invasi Rusia ke Ukraina.

Imbal hasil obligasi pemerintah riil zona euro turun tajam karena lonjakan harga-harga energi memicu kekhawatiran bahwa ekonomi global berada dalam risiko stagflasi, suatu kondisi di mana harga-harga melonjak sementara pertumbuhan mandek.

Imbal hasil obligasi pemerintah Jerman 10-tahun dan 30-tahun terkait inflasi turun ke rekor terendah baru, sementara imbal hasil obligasi pemerintah AS 10-tahun naik sedikit setelah menyentuh level terendah dalam dua bulan.

Indeks-indeks utama Wall Street turun tajam, dengan Komposit Nasdaq mengkonfirmasi berada di pasar bearish, dan indeks STOXX 600 pan-Eropa memangkas kerugian sekitar 3,0 persen menjadi ditutup pada level terendah hampir satu tahun.

Pemerintahan Presiden Joe Biden bersedia untuk melanjutkan larangan AS atas impor minyak Rusia bahkan jika sekutu Eropa tidak, dua orang yang mengetahui masalah tersebut mengatakan kepada Reuters.

Rusia menyebut tindakannya di Ukraina sebagai "operasi khusus", tetapi telah memicu sanksi besar-besaran oleh Amerika Serikat dan Eropa yang bertujuan untuk mengisolasi Rusia ke tingkat yang belum pernah dialami oleh ekonomi sebesar itu.

"Efek melumpuhkan harga minyak di atas 130 dolar AS akan mengirim banyak ekonomi Eropa ke dalam resesi," dan skenario itu menyebabkan saham Eropa bergerak ke wilayah pasar bearish," kata Edward Moya, analis senior di OANDA.

"AS dapat menangani tidak memiliki pasokan energi Rusia, tetapi itu tidak berlaku untuk Eropa."

Baca juga: China laporkan impor pertama minyak mentah dari Iran sejak Desember 2020

Indeks Dow Jones Industrial Average anjlok 797,42 poin atau 2,37 persen, indeks S&P 500 kehilangan 127,79 poin atau 2,95 persen dan Komposit Nasdaq terpuruk 482,48 poin atau 3,62 persen.

Indeks saham MSCI di seluruh dunia jatuh 2,73 persen.

Minyak mentah berjangka Brent ditutup naik 4,3 persen pada 123,21 dolar AS per barel. Minyak mentah AS ditutup naik 3,22 persen pada 119,40 dolar AS per barel.

Analis Bank of America memperkirakan bahwa hilangnya 5 juta barel per hari minyak Rusia dapat menyebabkan harga minyak mentah mencapai 200 dolar AS per barel.

Konflik Rusia-Ukraina juga membebani pembicaraan yang bertujuan menghidupkan kembali kesepakatan nuklir Iran dengan negara-negara besar, setelah Teheran menuduh Rusia "mengganggu".

Harga nikel, yang mencapai 55.000 dolar AS per ton di awal sesi perdagangan, terakhir diperdagangkan naik 76 persen pada 50.925 dolar AS per ton.

Rusia memasok sekitar 10 persen nikel dunia, dan investor khawatir sanksi Barat terhadap Rusia dapat mengganggu pengiriman komoditas yang diproduksi dan diekspor melalui udara dan laut.

Konflik dan gangguan rantai pasokan yang lebih luas memberikan latar belakang yang menantang untuk pertemuan bank-bank sentral mendatang, ekonom ANZ Finn Robinson menulis dalam sebuah catatan kepada investor.

Baca juga: Departemen Energi AS setujui lepas 870.000 barel minyak mentah ke Shell

"Pembuat kebijakan perlu menjaga kelancaran transmisi kebijakan moneter sementara juga menopang kredensial inflasi mereka pada saat tekanan inflasi melonjak dan semakin banyak bukti efek putaran kedua," tulis Robinson.

Mayoritas ekonom yang disurvei oleh Reuters sekarang memperkirakan Bank Sentral Eropa akan menunggu hingga akhir tahun untuk menaikkan suku bunga.

Di Amerika Serikat, investor mengamati dengan cermat laporan harga konsumen yang akan dirilis pada Kamis (10/3/2022). Data tersebut diperkirakan menunjukkan IHK inti AS untuk Februari naik 6,4 persen tahun-ke-tahun, naik dari 6,0 persen pada Januari.

Angka yang lebih panas kemungkinan akan menutup kenaikan suku bunga Federal Reserve akhir bulan ini.

Pedagang sekarang melihat probabilitas 99 persen dari kenaikan suku bunga 25 basis poin oleh Fed pada pertemuan Maret, sementara melihat peluang 1,0 persen tidak ada perubahan suku bunga.

Indeks dolar, yang mengukur nilai greenback terhadap enam mata uang global lainnya, terakhir naik 0,33 persen pada 99,24. Euro turun 0,7 persen terhadap dolar pada 1,08575 dolar AS.

Baca juga: Harga minyak mentah turun beruntun di Asia, tertekan spekulasi pasokan