PLN klaim cetak kenaikan pendapatan, capai Rp25,13 triliun pada Januari 2022

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, PLN

PLN klaim cetak kenaikan pendapatan, capai Rp25,13 triliun pada Januari 2022

Ilustrasi - Sejumlah pekerja memasang jaringan transmisi tenaga listrik di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. (ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/hp.)

Jakarta (ANTARA) - PT PLN (Persero) mengklaim berhasil mencetak pendapatan sebanyak Rp25,13 triliun pada Januari 2022 atau naik 12,38 persen bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp22,36 triliun.

"Capaian positif ini merupakan hasil dari langkah inovasi dan efisiensi yang dijalankan perusahaan," kata Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Agung Murdifi dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Baca juga: PLN terapkan skema pengamanan berlapis untuk pramusim MotoGP di Mandalika

Agung menjelaskan kenaikan pendapatan itu akibat meningkatnya pertumbuhan penjualan listrik, di mana pada Januari 2022 mencapai 22,45 gigawatt hour (GWh) meningkat 1,03 persen dari periode yang sama tahun lalu 22,23 GWh.

Menurutnya, kenaikan penjualan listrik ini menjadi indikator perekonomian Indonesia mulai kembali pulih yang sebelumnya lesu akibat pandemi COVID-19.

Saat ini PLN telah melaksanakan sejumlah program yang meringankan pelanggan, seperti diskon biaya tambah daya listrik dan kemudahan layanan pasang baru guna mendorong perekonomian Indonesia kembali bergairah.

PLN juga mendorong penerapan gaya hidup dengan menggunakan peralatan berbasis listrik dalam kehidupan sehari-hari, seperti mendorong ekosistem kendaraan listrik dan penggunaan kompor induksi.

Baca juga: Kementerian BUMN masih kaji rencana pembubaran PLN Batubara, begini penjelasannya

Selain itu PLN terus mencari peluang pasar baru, seperti di sektor pertanian, peternakan, perkebunan, dan perikanan serta kelautan, melalui program electrifying agriculture dan electrifying marine.

Hal itu mendorong kenaikan pelanggan 4,77 persen secara tahunan menjadi 82,8 juta pelanggan pada Januari 2022. Penambahan jumlah pelanggan ini ditunjang dengan peningkatan kapasitas pembangkit sebesar 29 megawatt pada Januari 2022, meningkat 209,57 persen (yoy).

Pasokan listrik ke pelanggan juga didukung penambahan kapasitas transmisi PLN sebesar 2,22 persen (yoy) menjadi 177 kilometer sirkuit (kms) hingga akhir Januari 2022. Tak hanya itu, gardu induk tercatat juga penambahan kapasitas sebesar 120 megavolt ampere (MVA). Sementara untuk gardu distribusi, PLN mencatat penambahan kapasitas 34 MVA.

Peningkatan layanan tidak hanya tentang menyediakan pasokan listrik, PLN juga memberikan kemudahan pelanggannya untuk memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan melalui aplikasi PLN Mobile.

"Sejak diluncurkan pada 18 Desember 2020 lalu, lebih dari 17 juta pengguna sudah terdaftar di PLN Mobile dengan tingkat kepuasan 4,8 dari skala 5," pungkas Agung.

Baca juga: PLN bangun SPKLU pertama di Kota Jayapura, dukung percepatan KBLBB di Indonesia